Cara Menghapus Data pada iPhone Agar Tidak Bisa Dikembalikan / Recovery

Smartphone menjadi salah satu benda yang memiliki fungsi yang cukup berguna dalam kehidupan sehari-hari, namun dibalik itu semua tidak sedikit orang yang menyimpan data sensitif yang bersifat pribadi dan rahasia didalam smartphone mereka yang tentu saja tidak ingin diketahui orang lain.


iPhone adalah salah satu smartphone yang paling difavoritkan saat ini dan tidak sedikit orang yang menyimpan data-data pribadi didalam iPhone mereka. Apple sendiri adalah salah satu perusahaan teknologi yang sangat menganggap penting Privasi para penggunanya, maka dari itu perlu kalian ketahui juga Apple tidak pernah mengkoleksi atau memata-matai apa saja aktivitas yang dilakukan penggunanya dalam iPhone mereka, karena nilai jual utama Apple salah satunya adalah Privasi, iPhone kalian adalah kalian.

Bagi kalian yang menyimpan data-data yang bersifat pribadi, rahasia dan penting didalam iPhone kalian dan tidak ingin data tersebut bocor dan diketahui orang lain sebelum dijual atau diserahkan, kalian tidak perlu khawatir.. iPhone sendiri memiliki fitur enkripsi dan keamanan data yang sangat tinggi dan canggih, setiap data penting kalian entah itu teks sms, kontak, catatan, foto, video, rekaman suara, data kesehatan, dokumen yang disimpan dalam iPhone bisa kalian musnahkan dan dijamin mustahil untuk dapat dikembalikan / recover dengan cara apapun.

Sebelum membahas lebih jauh langsung saja berikut cara-cara untuk memusnahkan data-data pada iPhone secara permanen agar tidak bisa dikembalikan lagi / recovery.


Cara Menghapus Data iPhone Secara Permanen agar tidak dapat Dikembalikan / Recovery

Sebelumnya cara ini akan menghapus total seluruh data dalam iPhone dan setelah dihapus tidak ada cara sama sekali untuk mengembalikannya, jika sudah oke langsung saja berikut caranya :

#1 : Penting! pastikan iPhone kalian sudah dipasang Password, jika belum silahkan dipassword terlebih dahulu melalui aplikasi Pengaturan > Face ID / Touch ID & Kode Sandi, kalau bisa gunakan password yang rumit dan tidak mudah ditebak ( asal jangan lupa saja )

#2 : Jika sudah, masih di aplikasi Pengaturan buka menu Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Hapus Konten & Pengaturan, jika sudah ikuti prosesnya dengan memasukkan password dan mengkonfirmasi ulang apakah kalian yakin atau tidak.


#3 : Apabila sudah maka iPhone akan restart dengan sendirinya dan menghapus data-data pada iPhone kalian secara Aman.

Apa Maksudnya Penghapusan Secara Aman?

Ketika kalian menggunakan password pada iPhone secara otomatis seluruh data yang ada pada iPhone tersebut sudah terenkripsi, dan ketika kalian menggunakan fitur Hapus Konten & Pengaturan maka otomatis menjadikan semua data pengguna pada perangkat secara kriptografis tidak dapat diakses, yang berujung sangat teramat mustahil untuk dapat diketahui apalagi dikembalikan.


Bagaimana menurut kalian? dengan begini kalian dapat menjual atau menyerahkan iPhone tersebut kepemilik barunya tanpa khawatir data-data pribadi kalian bocor ataupun dapat direcovery secara tidak bertanggung jawab. Terakhir apabila data-data pada iPhone tersebut sangat teramat penting daripada dijual atau diserahkan ke orang lain silahkan pertimbangkan untuk digunakan sendiri, dikasih ke keluarga terdekat atau memusnahkan iPhone tersebut dengan menggunakan palu atau dibakar saja hehe..