iPhone Bisa Di Charge Namun Tidak Terdeteksi Komputer

Apabila kalian mengalami masalah dimana iPhone bisa melakukan pengisian daya / di charge namun tidak terdeteksi oleh iTunes bahkan tidak mau terhubung ke komputer, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips dan tutorial untuk mengatasinya.


Seperti pengalaman saya ketika menghadapi hal yang sama, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut, mulai dari aksesoris yang digunakan, kesalahan komputer, software corrupt hingga datang iPhone itu sendiri. Untuk memastikan dan memperbaikinya tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki iPhone yang tidak mau terhubung ke komputer.

Pindahkan ke Port USB Lainnya

Silahkan pindahkan USB Port yang ada di komputer atau laptop kalian ke USB port lainnya, apabila berhasil kemungkinan ada masalah dengan port tersebut.

Restart iPhone

Cara paling sederhana kedua adalah dengan merestart iPhone kalian, sederhananya kalian tinggal mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Caranya untuk iPhone X dan lebih baru : Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan, sedangkan untuk iPhone 8 dan lebih lama : Tekan dan Tahan tombol Power. Jika sudah silahkan coba kembali.

Gunakan Kabel Charger Lainnya

Bisa saja kabel charger yang kalian gunakan mengalami masalah atau memiliki kualitas rendah sehingga iPhone tidak dapat dideteksi oleh komputer, silahkan coba gunakan kabel charger iPhone lainnya dengan kualitas asli dan lihat hasilnya.

Coba Di Komputer Lain

Punya laptop, mac atau komputer lainnya? silahkan coba hubungkan dan lihat hasilnya, apabola berhasil kemungkinan masalah ada pada komputer kalian sebelumnya.

Bersihkan Port Charger iPhone

Lubang Port charger pada iPhone yang kotor dapat menghambat fungsi dari kabel charger itu sendiri, silahkan bersihkan lubang port charger iPhone menggunakan bahan yang tidak menghantarkan listrik seperti kuas kecil, tusuk gigi atau cotton buds, lakukan pembersihan secara halus agar tidak merusak komponen dalam lubang port iPhone.

Masuk ke DFU Mode

Bila kalian berniat untuk merestore perangkat kalian melalui iTunes silahkan masukkan iPhone kalian ke mode DFU, caranya sambungkan perangkat kalian ke komputer dan pastikan iTunes telah terbuka, selanjutnya.

> iPhone 6S, SE dan lebih lama <

Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan selama 8 detik, setelah itu lepas tombol Power dan tetap tekan tombol Home. Apabila berhasil maka iTunes akan mendeteksi iPhone kalian sudah masuk ke mode DFU, namun jika restart dan menampilkan logo Apple kalian harus mengulanginya lagi secara dengan lebih teliti.

Untuk keluar dari mode DFU : Tekan dan Tahan tombol Home dan Power secara bersamaan hingga perangkat restart.

> iPhone 7 dan 7 Plus <

Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama 8 detik, setelah itu lepas tombol Power dan tetap tekan tombol Volume Bawah. Apabila berhasil maka iTunes akan mendeteksi iPhone kalian sudah masuk ke mode DFU, namun jika restart dan menampilkan logo Apple kalian harus mengulanginya lagi secara dengan lebih teliti.

Untuk keluar dari mode DFU : Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan hingga perangkat restart.

> iPhone 8, X, XR, XS, 11 dan lebih baru <

( Lakukan dengan agak cepat )

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
#3 : Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power hingga layar mati
#4 : Setelah itu langsung Tekan dan Tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan
#5 : Setelah sekitar 5 detik lepas tombol Power dan tetap tekan tombol Volume Bawah

Untuk keluar dari mode DFU : ( lakukan dengan cepat ) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, sekarang Tekan dan Tahan tombol Power hingga perangkat restart.

Apabila berhasil maka iTunes akan mendeteksi iPhone kalian sudah masuk ke mode DFU silahkan lanjutkan dengan merestore iPhone kalian untuk diperbaiki ( ingat cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone). Jika selama proses memasuki DFU Mode iPhone kalian restart silahkan ulangi langkah-langkah diatas secara lebih teliti lagi.

Solusi Terakhir

Cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil? sudah ganti kabel charger asli, sudah pindah komputer, sudah coba masuk DFU Mode tapi semuanya nihil? hal ini menandakan ada hal yang tidak beres yang terjadi pada iPhone kalian, saran admin silahkan bawa iPhone kalian ke authorized service center Apple di Indonesia untuk dicek lebih lanjut penyebab dan apa kerusakannya.

Baik sekian informasi yang dapat admin sampaikan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!