Penyebab Face ID Tidak Bisa Digunakan Setelah Ganti Layar / Kamera

Pada tahun 2017 kemarin Apple merubah total desain iPhone X dengan menghilangkan tombol home dan menggantinya dengan layar yang lebih luas dengan teknologi keamanan pemidai wajah atau Face ID, hingga saat inipun Apple masih menggunakan Face ID sebagai keamanan pada iPhone 11 terbarunya.

Namun banyak pengguna iPhone X termasuk iPhone XR, iPhone XS / Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro / Max atau iPhone yang menggunakan Face ID, mengalami masalah ketika mengganti layar iPhone mereka dengan layar yang baru. Masalah tersebut berupa tidak dapat digunakannya Face ID ( Not Available / Tidak Tersedia ) dan mode Portrait pada kamera depan.


Gambar : Apple iPhone X

Usut punya usut menurut etradesupply.com, komponen kamera depan yang ada pada iPhone X menyatu dan terhubung langsung dengan komponen lainnya, seperti kamera infrared dan dot projector yang digunakan oleh Face ID. Mengganti komponen tersebut akan membuat Face ID gagal karena tiap komponen memiliki pengenal / unique IDnya sendiri pada setiap iPhone, sehingga apabila tidak cocok maka Face ID tidak akan bekerja.

Sedangkan untuk komponen layar, pastikan kalian mengganti komponen layarnya saja tanpa menyentuh komponen lainnya, jika tidak bisa juga kemungkinan komponen layar iPhone terikat juga dengan komponen lainnya pada iPhone, terutama komponen yang digunakan agar Face ID dapat bekerja.

Mengingat komponen yang digunakan pada iPhone X dan lebih baru merupakan komponen yang sangat rumit dan sulit diperbaiki sendiri, sangat disarankan untuk memperbaiki iPhone kalian ke Authorized Apple langsung untuk hasil yang memuaskan.

Namun bagi yang masih penasaran kenapa setelah ganti layar iPhone Face ID tetap tidak dapat bekerja, kalian bisa menyaksikan video berikut :


[ Sumber : Rewa - Etradesupply ]