Trik Mengatur Kuaitas Video YouTube Menjadi 4K di Android

Kebanyakan smartphone Android yang beredar saat ini hanya memiliki layar dengan resolusi Full HD ( 1080p ) saja, bahkan smartphone high end pun biasanya hanya memiliki resolusi Quad HD 2K atau 3K saja. Tak terkecuali smartphone dari Sony seperti Sony Xperia 1 dan Sony Xperia XZ 2 Premium yang sudah menggunakan layar dengan resolusi benar-benar 4K.


Ya karena kebanyakan dari kita termasuk Admin sendiri terbatas pada layar FHD saja, maka opsi pilihan saat menonton video di YouTube hanya mentok di 1080p 😅 walaupun begitu resolusi tersebut menurut admin sudah cukup tajam dan sangat memanjakan mata. Namun ada saja beberapa pengguna Smartphone yang tidak puas dengan tampilan video 1080p dan ingin menyaksikan video 4K dismartphone mereka, entah apa alasannya namun menurut Admin sendiri apabila smartphone Android kalian memiliki layar 1080p saja kalian tidak akan melihat banyak perbedaan saat menonton video 4K karena ketebatasan layar kalian.

Nah bagi yang ingin menyaksikan video 4K di YouTube namun resolusinya hanya terbatas pada 1080p saja, kalian dapat memanfaatkan browser Google Chrome dismartphone kalian, maksudnya? langsung saja ikuti cara berikut :

#1 : Salin link video 4K dair YouTube yang ingin kalian tonton

#2 : Buka browser Google Chrome, tempel kemudian buka linknya

Catatan : apabila setelah link dibuka malah terarah kembali ke aplikasi youtube silahkan buka website YouTube.com secara manual pada browser Google Chrome, kemudian cari video yang ingin kalian tonton.

#3 : Jika sudah silahkan klik icon gear yang ada dipojok / ujung kanan atas video


#4 : Kemudian ubah menu Quality menjadi 2160p jika sudah tap OK


Sekarang otomatis video yang kalian tonton akan diputar dalam resolusi 4K 2160p, pastikan jaringan internet kalian kencang ya, karena ukuran video 4K bisa dibilang cukup besar bahkan hanya beberapa menit saja ukurannya bisa ratusan megabyte hingga bergiga-giga.

Baik sekian trik menonton video 4K di YouTube di smartphone android yang tidak mendukung resolusi 4K alias hanya FHD saja, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!