Cara Mengatasi Game Sering Keluar Sendiri Di iPhone Secara Tiba-tiba

iPhone adalah salah satu smartphone terbaik yang dapat kalian gunakan untuk bermain game, namun apa jadinya jika game yang kalian mainkan tiba-tiba keluar sendiri? apa yang menjadi penyebabnya? untuk menjawab pertanyaan tersebut pada postingan kali ini saya akan membagikan tips dan trik untuk memperbaikinya beserta dengan penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.


Update Game Ke Versi Terbaru

Coba cek di App Store apakah game yang bermasalah tersebut sudah dalam versi paling terbaru? jika belum coba update game tersebut (apabila tersedia) dan coba kembali, namun apabila game masih juga keluar sendiri silakan lanjutkan cara di bawah berikut.

Install Ulang Game

Jika game yang keluar sendiri tersebut hanya terjadi pada judul game tertentu saja, misalnya Mobile Legends, Pubg, Codm, Aov, Freefire dan lain sebagainya. Kemungkinan besar game tersebutlah yang bermasalah, tahap awal untuk memperbaikinya cukup mudah silakan hapus game tersebut (jangan lupa simpan akun kalian) kemudian install kembali melalui App Store, cara ini bisa dibilang merupakan cara yang cukup ampuh.

Baca Juga : Cara Simple Membersihkan RAM pada iPhone, iPad dan iPod

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode adalah fitur yang digunakan untuk mengurangi penggunaan baterai iPhone dengan menurunkan kinerja iPhone termasuk saat menjalankan game, coba matikan Mode Daya Rendah melalui pusat kontrol atau masuk ke Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah, jika sudah coba kembali dan lihat hasilnya.

Cek Sisa Ruang Penyimpanan iPhone

Apabila ruang penyimpanan pada iPhone kalian sudah tersisa sangat sedikit bahkan sering muncul peringatan penyimpanan hampir penuh, disarankan untuk mengosongkan ruang penyimpanan sedikit dengan menghapus aplikasi atau membackup file-file yang sudah tidak digunakan lagi. Membiarkan ruang penyimpanan penuh dalam waktu yang lama dapat membuat iPhone memiliki banyak masalah termasuk game yang keluar sendiri karena tidak bisa menyimpan ataupun mengupdate datanya.

Update ke iOS Terbaru

Bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil coba update versi iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, setelah itu silakan download dan install pembaruan jika tersedia, jangan lupa gunakan Wi-Fi dan sisakan baterai minimal 50% untuk menginstall update.

Reset Pengaturan iPhone

Terakhir cara ini juga bisa kalian coba reset pengaturan iPhone kalian, dengan mereset pengaturan iPhone maka password wifi yang tersimpan, pengaturan keyboard, tata letak icon dan menu lainnya akan dikembalikan seperti pengaturan awal tanpa mereset data. Untuk caranya silakan buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Jika masih tidak berhasil juga... Kemungkinan Game itu Sendiri Yang Bermasalah

Jika sudah mencoba cara-cara di atas bisa jadi game itu sendirilah yang bermasalah, tidak ada cara lain selain menunggu update terbaru dari game tersebut untuk memperbaikinya. Namun jika masalah tersebut tidak terjadi pada iPhone teman kalian yang sama dengan iPhone kalian kemungkinan di bawah berikut bisa jadi penyebab utamanya.

Baterai iPhone Bermasalah / Kesehatan Baterai yang Buruk!

Coba cek kesehatan baterai kalian melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai, setelah itu lihat kapasitas maksimum kalian sudah menyentuh angka berapa %, jika sudah menyentuh angka di bawah 70% kemungkinan besar masalah datang dari baterai yang sudah tidak sanggup menyuplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone, sehingga iPhone juga tidak dapat memenuhi kinerja yang dibutuhkan untuk menjalankan game. Disarankan untuk mengganti baterai iPhone kalian dengan yang baru dan asli tentunya untuk mendapatkan performa iPhone seperti baru kembali.

iPhone Dalam Keadaan di Jailbreak?

Dalam beberapa kasus tertentu seperti yang pernah admin alami ketika selesai menginstall game 'Mario Kart' dari App Store, setelah game terbuka tidak lama kemudian (saat loading kalau tidak salah) game tersebut malah tertutup sendiri. Entah apa yang menjadi penyebabnya namun ketika admin mencoba download ulang di iPhone berbeda yang tidak dalam keadaan terjailbreak hasilnya game dapat berjalan dengan lancar tanpa masalah. Ya.. ini dia salah satu penderitaan pengguna jailbreak untuk solusinya silakan gunakan bypass pendeteksi jailbreak seperti tweak 'Liberty' atau pertimbangkan untuk menghapus jailbreak kalian.

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Baik sekain Tips, Trik dan Penyebab Game Sering Keluar Sendiri Di iPhone Secara Tiba-tiba, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!