Cara Mengatasi iPhone 6, 6S, SE, 7, 8 Tidak Bisa Dimatikan / Nge-hang

Tiba-tiba iPhone kalian tidak bisa disentuh, ngehang dan tidak bisa dimatikan karena tombol tidak merespon apa-apa? tenang saja pada postingan kali ini saya akan membarikan cara paling ampuh dan sederhana untuk memperbaiki masalah tersebut, khususnya bagi pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.


Sebelum melanjutkan, sebenarya apa sih yang menyebabkan masalah tersebut? iPhone yang ngehang dan tidak bisa dimatikan dalam banyak kasus diakibatkan oleh Bug pada sistem iOS ataupun aplikasi. Hal ini bukanlah masalah yang serius dan dapat diperbaiki dengan sangat mudah menggunakan metode Force Restart atau Restart Paksa. Untuk kemungkinan lainnya walaupun sangatlah jarang seperti iPhone baru saja terjatuh dan terbentur ataupun iPhone baru saja terendam air.

Baik tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara berikut untuk melakukan Force Restart / Restart Paksa pada iPhone yang ngehang dan tidak bisa dimatikan.

Cara Force Resrtart iPhone

Hampir setiap iPhone memiliki metode force restart / restart paksa yang berbeda-beda, silahkan ikuti cara berikut sesuai dengan model iPhone yang kalian gunakan. 

Khusus untuk pengguna iPhone X, XR, XS dan 11 silahkan baca pada postingan berikut : Cara Mengatasi iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro Tidak Bisa Dimatikan / Nge-hang

iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPhone SE

Silahkan Tekan dan Tahan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan hingga muncul logo Apple pada layar, setelah itu lepas.


iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Silahkan Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan hingga muncul logo Apple pada layar, setelah itu lepas.


iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Khusus untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus caranya sama seperti yang digunakan oleh iPhone X, XR, XS dan 11. Berikut caranya :

*Lakukan dengan cepat

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
#3 : Tekan dan Tahan tombol Power hingga muncul logo Apple pada layar, setelah itu lepas.


Setelah itu restart dan masuk ke menu utama, maka iPhone kalian sudah kembali normal. Bagaimana gampang kan? untuk kedepannya sangat penting untuk mengetahui cara melakukan force restart atau restart paksa pada iPhone, untuk menghadapi masalah serupa nantinya.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut agar tidak datang kembali, disarankan untuk rutin mengupdate versi iOS yang kalian gunakan ke versi terbaru yang tersedia. Untuk cek, download dan install pembaruan iOS terbaru silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Sebelum melakukan update pastikan baterai iPhone terdapat minimal 50% dan gunakan koneksi wi-fi yang kencang dan stabil.

Baik Sekian cara mengatasi iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang tidak bisa dimatikan alias ngehang. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!