Penyebab dan Cara Memperbaiki iPhone yang Lama Saat Ngecas

iPhone terasa sangat lama saat dicas dan tidak seperti biasanya? tenang saja dalam beberapa kasus masalah tersebut dapat kalian atasi dengan sangat mudah. Dan khusus postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki iPhone yang lama saat dicas beserta dengan penyebab-penyebabnya.


Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kecepatan pengisian daya pada iPhone berbeda-beda. Normalnya iPhone yang menggunakan charger standar Apple ( 5 watt ) memiliki kecepatan pengisian daya sekitar 2 sampai 3 jam hingga penuh, sedangkan untuk charger Fast Charging Apple mengisi daya hanya sekitar 1 sampai 1.5 jam saja.

Baca Juga : Cara Fast Charging di iPhone dan Tips Membeli Charger yang Cocok

Nah jika waktu pengisian daya pada iPhone kalian jauh lebih lama dari itu misalnya sudah 2 jam masih 30% saja, hal tersebut menandakan ada yang tidak beres. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mencoba dan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Cabut Pasang Kembali

Terlihat sepele namun bisa saja terjadi kesalahan pada sambungan iPhone, misalnya kendur atau kotor. Coba cabut sambungan charger dari iPhone kemudian bersihkan sedikit ujung konektor charger dengan kain halus dan kering, jika sudah coba sambungkan kembali.


Cek Sambungan Listrik ke Stop Kontak

Coba cek apakah sambungan adaptop iPhone kalian sudah terpasang dengan baik ke stop kontak? cek dan jangan sampai kendur.

Restart iPhone

Dalam beberapa kasus merestart iPhone juga dapat memperbaiki masalah ngecas yang lama, silahkan coba matikan iPhone kalian beberapa saat kemudian nyalakan kembali dan coba cas lagi.

Ngecas Melalui Powerbank? Komputer? Mobil? Motor?

Apabila ternyata kalian ngecas melalui PowerBank coba cek apakah daya pada powerbank masih ada atau tidak, cek juga dengan melakukan pengisian daya melalui adaptor bawaan iPhone. Sedangkan bagi yang mengisi melalui port usb yang ada di komputer, mobil ataupun motor, kemungkinan besar hal ini terjadi akibat arus daya yang diberikan oleh port usb terlalu kecil dan tidak memenuhi standar pengisian daya iPhone. Coba lakukan pengisian daya melalui adaptor bawaan iPhone dan lihat hasilnya.


Jangan Gunakan iPhone Sambil Ngecas

Wajar saja apabila iPhone lama terisi apabila sambil dimainkan, apalagi dimainkan game berat dengan grafik yang tinggi. Jadi pastikan kalian tidak memainkan iPhone saat sedang dicas ya..

Coba Cas iPhone Dalam Keadaan Mati

Kalian juga bisa coba ngecas iPhone kalian saat dalam keadaan mati, caranya sambungkan pengisian daya ke iPhone kemudian silahkan matikan iPhone. Apabila dalam keadaan mati iPhone ngecasnya lebih cepat, pastikan kalian tidak menggunakan iPhone tersebut selama diisi daya, selain itu pastikan suhu iPhone dalam keadaan normal saat dicas.

Ganti Charger iPhone ( Adaptor dan Kabelnya )

Dalam banyak kasus iPhone yang lama saat ngecas paling banyak disebabkan oleh charger iPhone yang sudah mulai rusak, terutama pada bagian kabelnya. Coba gunakan charger iPhone yang lainnya dan lihat kembali hasilnya.


Bersihkan Port Charger iPhone

Lubang port charger iPhone yang kotor dapat mengganggu aliran saat mengisi daya. Silahkan cek lubang port charger pada iPhone apabila terdapat banyak kotoran yang menyumbat, bersihkan menggunakan benda kecil yang tidak menghantarkan listrik seperti tusuk gigi berbahan kayu.

Update ke iOS Terbaru

Apabila cara-cara diatas belum ada yang membuahkan hasil, silahkan update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, pastikan baterai pada kalian minimal terisi 50% dan gunakan sambungan Wi-Fi yang cepat dan stabil.


Cek Kesehatan Baterai

Terakhir, bila cara-cara diatas tidak ada juga yang berhasil memperbaiki iPhone kalian yang lama saat dicas. Coba cek kesehatan baterai pada iPhone kalian, caranya masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Apabila kesehatan baterai menunjukkan dibawah angka 60% kemungkinan besar masalah datang dari baterai yang sudah mulai rusak sehingga lama dalam mengisi daya.

Baru Ganti Baterai?

Jika iPhone yang lama ngecas setelah mengganti ke baterai yang baru, coba cek kembali kondisi baterai yang kalian gunakan. Dalam beberapa kasus kualitas baterai yang rendah dapat menyebabkan iPhone lama saat diisi daya. Pastikan juga demi keamanan dan keandalan iPhone, kalian menggunakan komponen baterai iPhone yang asli dan resmi dari Apple.


Solusi Terakhir...

Bila semua cara-cara diatas termasuk mengganti charger iPhone dengan yang baru tidak juga membuahkan hasil, kemungkinan ada masalah pada salah satu komponen dalam iPhone yang bertugas utnuk memanajemen daya pada iPhone. Untuk lebih pastinya kalian dapat membawa iPhone tersebut ke tempat service iPhone terpercaya atau lebih baiknya lagi ke authorized service center Apple di Indonesia, untuk dicek lebih lengkap penyebabnya.

Baik sekian informasi cara memperbaiki iPhone yang lama saat dicas / ngecas. Apabila ada yang ingin disampaikan atau mungkin ada yang ingin menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom kometar dibawah, Terima Kasih!