Penyebab Lagu / Musik di iPhone Tiba-Tiba Menghilang

Lagu / Musik di iPhone kalian tiba-tiba menghilang? Kenapa dan apa penyebabnya? lalu bagaimana cara mengatasinya? Tidak sedikit pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang mengeluhkan lagu mereka secara " misterius " menghilang begitu saja tanpa pamit. Hal ini bukan tanpa sebab, admin sendiri pun pernah mengalami hal serupa, dan ternyata berikut adalah alasan penyebab lagu di iPhone kalian tiba-tiba menghilang.


Menghapus Musik / Lagu di Perpustakaan Lagu iTunes

Saat kalian menghapus daftar atau file lagi / musik yang ada di perpustakaan lagu iTunes, secara otomatis ketika iPhone kalian disambungkan ke iTunes dan melakukan proses sinkronisasi data. Maka lagu / musik yang ada diperpustakaan iTunes akan disinkronkan dengan lagu / musik yang ada di iPhone kalian alias diganti dengan keadaan lagu / musik yang ada pada perpustakaan iTunes saat itu.

Ingat, musik di perpustakaan iTunes bisa dibilang merupakan satu kesatuan dengan iPhone kalian. Jika salah satu musik di perpustakaan iTunes di hapus maka ketika iPhone kalian disinkronkan di iTunes, seluruh keadaan musik / lagu yang ada di perpustakaan iTunes akan disamakan dengan musik / lagu yang ada di iPhone kalian.


Memasukkan Musik / Lagu Melalui Perpustakaan iTunes Lainnya

Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu. Apabila kalian mentrasfer lagu dari komputer ke iPhone melalui iTunes, maka secara otomatis iTunes akan membuat sebuah perpustakaan yang menyimpan lagu-lagu yang akan disinkronkan ke iPhone kalian. Jadi lagu-lagu pada perpustakaan iTunes tersebut merupakan satu kesatuan dengan lagu yang ada di iPhone kalian.

Tetapi jika kalian memasukkan kembali lagu dari iTunes di komputer lain yang bukan dari perpustakaan yang digunakan untuk mentransfer lagu sebelumnya. Otomatis iTunes akan menggantikan seluruh lagu dalam iPhone kalian, ke lagu yang baru saja ditransfer dari perpustakaan yang baru. Hal inilah yang dinamakan Sinkronisasi Data.

Nah kemungkinan besar lagu kalian hilang karena proses sinkronisasi data ini.

Hilang Karena Penyelarasan Musik di iCloud

Penyelarasan Musik iCloud berfungsi untuk menyelerasakan seluruh musik / lagu di iPhone kalian ke dalam perangkat Apple kalian yang lainnya yang juga menggunakan akun iCloud yang sama. Jika kalian mengaktifkan fitur ini dan menghapus musik yang sudah ada, maka tidak heran jika lagu / musik kalian hilang dan digantikan dengan musik yang ada di iCloud.


Ya, itu saja penyebab kenapa musik di iPhone, iPad atau iPod touch kalian tiba-tiba menghilang atau jadi sedikit. Hal ini juga pernah admin alami dulu ketika masih gaptek dalam menggunakan iPhone dan belum mengetahui bagaimana ekosistem Apple yang memang cukup rumit..

Cara Mengembalikan Musik / Lagu Yang Terhapus?

Tidak ada cara mengembalikan musik / lagu di iPhone yang terhapus selain memasukkannya kembali melalui perpustakaan musik kalian sebelumnya. Namun ingat kalian hanya bisa memasukkan lagu dari satu perpustakaan saja, jadi apabila musik yang ada di iPhone kalian merupakan musik dari perpustakaan lain, maka secara otomatis akan dihapus dan diganti ke musik / lagu yang ada diperpustakaan baru.

Sebagai solusinya kalian bisa menambahkan secara manual file musik / lagu yang ada diperpustakaan lain ke perpustakaan yang kalian gunakan sekarang.

Solusi Mentransfer Musik / Lagu Tanpa Sikronisasi Data

Nah rumitnya sistem sinkronisasi data di iTunes membuat kita tidak leluasa dalam memasukkan lagu / musik dari komputer manapun dan hanya terikat pada satu perpustakaan iTunes saja. Sebagai solusinya kalian dapat menggunakan aplikasi 3uTools untuk memasukkan lagu / musik tanpa melalui proses sinkronisasi data. Caranya? silahkan baca pada postingan berikut : Cara Mudah Transfer Lagu / Musik Dari PC ke iPhone Dengan 3uTools

Baik sekian dulu informasi tentang penyebab Lagu atau Musik di iPhone, iPad atau iPod touch kalian tiba-tiba menghilang / terhapus. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!