Bug iOS 13: Teks & Karakter Ini Akan Membuat iPhone Kalian Crash

Sebuah bug pada iOS 13 yang baru saja ditemukan akhir-akhir ini viral di media sosial, entah di twitter, reddit, telegram dan forum-forum iOS di luar sana. Bug yang ditemukan pada iOS 13 ini berasal dari karakter bahasa Sindhi yang disatukan dengan emoji bendera negara Italia. Hasilnya ketika iPhone kalian menampilkan karakter tersebut maka iPhone secara langsung akan crash dan hang ( aplikasi keluar secara tiba-tiba dan dalam kasus terburuk iPhone akan melakukan restart sprinboard tanpa henti ).

Penasaran dengan bentuk karakternya? berikut penampakan gambar bug karakter tersebut :


Ya, kalau gambar saja sih gak akan bikin crash ya hehe. Karakter tersebut berhasil admin salin melalui smartphone Android dari twitter, sebab admin sendiri sudah mencoba membuka karakter tersebut melalui iPhone dan hasilnya? iPhone admin ngehang lalu sekitar beberapa detik kemudian aplikasi twitter langsung mengalami crash ( keluar tiba-tiba ).

Perlu diketahui, bug karakter ini berimbas pada semua iPhone, iPad dan iPod touch yang menggunakan iOS 13.0 hingga iOS 13.4. Bug ini sudah diperbaiki oleh Apple melalui iOS 13.4.5 beta 2 terbarunya. Jadi untuk saat ini berhati-hati dalam membuka pesan dari orang yang iseng mengirimkan kode karakter diatas ke iPhone kalian. 

Untuk mengatasi bug ini, Apple telah menyiapkan iOS 13.4.5 yang kemungkinan akan dirilis dalam waktu dekat ini. Jika sudah dirilis silahkan update iPhone kalian untuk mencegah bug karakter diatas.

Namun jika kalian telah terdampak bug diatas kalian bisa mengatasinya dengan cara menunggu hingga aplikasi yang berisikan karakter tersebut keluar sendiri. Dalam kasus tertentu jika iPhone kalian mengalami hang dan bootloop respring, silahkan gunakan metode restart paksa untuk menormalkan kembali iPhone atau iPad yang terdampak.

Sebagai tambahan, bug serupa dulu juga pernah ditemukan di iOS 10 hingga iOS 12.4.5 dimana ada karakter berbahasa India dapat membuat iPhone crash, terutama pada aplikasi iMessage.

Baik sekian informasi kali ini, tetap stay safe dan update iOS kalian ke versi terbaru jika nanti sudah dirilis. Bagi yang menggunakan iOS 13.4.1 ke bawah yang sudah di jailbreak, kalian bisa menggunakan tweak berikut untuk mengatasinya - Download