Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak Bisa Rotasi / Rotate

Merotasi (rotate) layar pada iPhone merupakan hal yang sering kita lakukan, misalnya ketika ingin browsing dengan mode yang lebih luas, menonton video atau pada iPhone tertentu seperti iPhone 6 Plus, 7 Plus dan 8 Plus, dapat merubah tampilan homescreen ke bentuk Landscape yang mirip dengan dekstop.


Nah ada beberapa pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang mengeluhkan perangkat mereka tidak dapat melakukan rotasi layar.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut, umumnya masalah ini bukanlah masalah yang serius dan dapat diperbaiki dengan sangat mudah. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Matikan Mode Orientasi Potret

Mode Orienasi Potret berfungsi mengunci layar pada iPhone kalian agar tidak otomatis rotate ke tampilan landscape (tidur). Jadi pastikan kalian mematikan mode orientasi potret ini melalui pusat kontol kemudian tap icon seperti yang ditunjukkan gambar di bawah berikut.


Tutup Aplikasi Kemudian Buka Kembali

Apabila masalah tersebut muncul pada salah satu aplikasi yang kalian buka, silakan tutup terlebih dahulu aplikasi tersebut (dari multitask) kemudian buka kembali.

Restart iPhone

Cara selanjutnya yang paling ampuh yang pernah admin terapkan adalah dengan merestart iPhone, sederhanya matikan iPhone kalian kemudian setelah 30 detik menit nyalakan kembali.

Mungkin Aplikasi Tidak Mendukung Rotasi Layar

Ya, tidak semua aplikasi di iPhone mendukung rotasi layar, kebanyakan untuk iPhone dengan ukuran layar yang kecil seperti iPhone 7 dan iPhone 8 (non plus). jadi pastikan kembali aplikasi yang kalian buka apakah mendukung rotasi layar (mode landscape) atau tidak.

Menggunakan Mode Tampilan Diperbesar?

Bagi kalian pengguna iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus dan 8 Plus, pastikan kalian tidak menggunakan tampilan dengan mode Diperbesar/Zoom.

Dengan menggunakan mode tersebut secara otomatis akan membuat icon pada homescreen iPhone kalian menjadi lebih besar, sehingga otomatis mode landscape tidak dapat dilakukan. Jadi pastikan kalian menggunakan mode tampilan Standar (Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Lihat > Standar)


Reset Pengaturan iPhone

Bila cara-cara di atas tidak juga berhasil coba reset pengaturan iPhone kalian, namun sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa mereset pengaturan iPhone akan mereset seluruh susunan icon di homescreen, menghapus password jaringan tersimpan, menghapus pengaturan VPN dan lain sebagainya (tidak menghapus data).

Untuk melakukannya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Terbaru

Masih belum juga berhasil? coba update iOS kalian ke versi terbaru, caranya silakan siapkan koneksi wi-fi yang kencang dan baterai iPhone minimal 50%. Jika sudah download dan install pembaruan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang berhasil memperbaiki rotasi layar pada iPhone kalian yang tidak dapat berfungsi. Ada kemungkinan besar sensor accelerometer pada iPhone kalian bermasalah. Disarankan untuk membawa iPhoen kalian ke service center authorize Apple di Indonesia untuk di cek penyebab dan solusi memperbaikinya.

Baik sekian informasi cara mengatasi layar iPhone, iPad dan iPod touch yang tidak dapat melakukan Rotasi/Rotate. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!