Cara Mengaktifkan Noise Cancellation AirPods Pro di iPhone, Apple Watch dan Mac

Noise Cancellation atau Peredam Kebisingan adalah salah satu fitur yang saat ini hanya terdapat pada earbuds AirPods Pro. Noise Cancellation sendiri berfungsi untuk meredam suara dari luar yang bisa saja masuk ke dalam telinga kalian saat mendengarkan musik. Ada dua jenis Noise Cancellation yang biasa kita temukan pada AirPods, yang pertama Noise Cancellation Passive ( eartips atau bantalan karet yang menutup lubang telinga ) dan Noise Cancellation Active ( mikrofon terintegrasi yang akan meredam suara dari luar ).


AirPods Pro sendiri bisa dibilang sudah memiliki kedua fitur tersebut yaitu bagian eartips sebagai noise cancellation passive dan komponen terintegrasi sebagai noise cancellation active. Sedangkan untuk AirPods gen 1 dan 2 hanya memiliki noise cancellation passive untuk meredam suara.

Dan khusus pengguna AirPods Pro dan lebih baru, sudah memiliki fitur Noise Cancellation Active dan mode Transparancy. Kalian bisa mengatur sendiri apakah ingin menggunakan kedua fitur tersebut atau tidak. Fitur Noise Cancellation Active berfungsi seperti yang sudah saya jelaskan diatas ( meredam suara berisik dari luar ) sedangkan mode Transparancy berfungsi terbalik, yaitu untuk mendengarkan suara-suara yang datang dari luar.

Cara Mengaktifkan Noise Cancellation AirPods Pro di iPhone, iPad dan iPod touch

*Pastikan AirPods sudah terhubung pada iPhone, iPad atau iPod touch

Cara #1 : Melalui Sensor Tekanan Pada AirPods Pro

Fitur Noise Cancellation dan mode Transparacy pada AirPods Pro dapat kalian atur melalui sensor tekanan. Caranya, silahkan Tap dan Tahan pada bagian sensor salah satu AirPods Pro hingga muncul bunyi dan sedikit getaran kecil ( haptic ). Lanjutkan langkah tersebut untuk berpindah-pindah mode antara Noise Cancellation Active, Transparancy atau Mematikan Keduanya.

Gambar : Apple

Cara #2 : Melalui Pusat Kontrol / Control Center

Silahkan buka Control Center kemudian tap dan tahan pada menu Volume lalu pada bagian bawah silahkan pilih ingin menggunkaan mode yang mana.

Gambar : Apple

Cara #3 : Melalui Pengaturan AirPods Pro

Pertama buka menu Bluetooth kemudian tap icon (i) disamping nama AirPods. Jika sudah silahkan pilih ingin menggunakan mode yang mana.

Gambar : Apple

Mengaktifkan Noise Cancellation Hanya Pada Satu AirPods

Kalian bisa menggunakan fitur Noise Cancellation atau mode Transparancy hanya pada salah satu AirPods. Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kemudian pilih Aksesibilitas > Touch > AirPods > Noise Cancellation with One AirPod.

Cara Mengaktifkan Noise Cancellation AirPods Pro di Apple Watch

Saat sedang mendengarkan lagu tap icon AirPlay kemudian silahkan pilih ingin menggunakan mode yang mana.

Cara Mengaktifkan Noise Cancellation AirPods Pro di Mac

Klik mode / menu suara pada Mac kemudian pilih AirPods Pro dan pilih ingin menggunakan mode yang mana.

Terakhir, fitur Noise Cancellation memang sangat berguna ketika sedang berada pada keramaian dengan suara yang cukup berisik. Namun apabila sedang berada pada ruangan yang tenang, fitur ini dapat kalian matikan untuk menghemat penggunaan baterai AirPods.

Baik sekian informasi cara mengaktifkan Noise Cancellation dan mode Transparancy pada AirPods Pro. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!