Cara Mengatur Fungsi Tombol Samping iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro

Bagi kalian pengguna iPhone khususnya iPhone model terbaru dengan desain tanpa tombol home / utama seperti iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max atau lebih baru. Beberapa fungsi dari tombol home tersebut kini dialihfungsikan ke tombol samping iPhone. Sebagai contoh untuk mengaktifkan Siri ( tekan dan tahan ) ataupun mengkonfirmasi pembelian ( tekan dua kali ).


Banyak kasus tertentu dimana pengguna iPhone merasa kesal karena sering salah arti dalam menekan tombol samping iPhone, yang niatnya mau mematikan iPhone malah mengaktifkan Siri. Lalu yang apakah tombol samping iPhone tersebut bisa diatur fungsinya? jawabannya Bisa namun terbatas bahkan Sangat Terbatas.

Mengatur Fungsi Tombol Samping iPhone

Satu-satunya tombol yang bisa diatur fungsinya untuk saat ini adalah tombol Samping iPhone khusunya untuk iPhone dengan desain tanpa tombol home. Apa saja fungsi yang dapat di ubah?

  • Mematikan fungsi tombol Samping sebagai pintasan Siri atau Voice Control
  • Menghilangkan fungsi tekan dua kali untuk mengonfirmasi pembelian
  • Mengatur kecepatan respon menekan

Untuk cara merubahnya kalian bisa masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilias > Tombol Samping

Dalam menu tersebut kalian bisa mengatur kecepatan respon saat menyentuh tombol, menghilangkan tekan dua kali saat mengonfirmasi pembelian dan memilih pintasan apa yang akan dilakukan oleh tombol samping ketika ditekan, mengaktifkan siri, voice control atau tidak mengaktifkan apa-apa.


Sangat disayangkan kalian tidak dapat mengubah fungsi tombol samping ke fungsi lainnya seperti untuk mematikan iPhone dan lain sebagainya.

Sekedar informasi apabila kalian belum tahu cara mematikan atau screenshot di iPhone tanpa tombol Home, berikut caranya :

> Cara Mematikan iPhone : Tekan dan Tahan tombol Samping bersamaan dengan tombol Volume Bawah atau Atas secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone

> Cara Screenshot iPhone : Tekan tombol Samping dan Volume Bawah atau Atas secara bersamaan dengan cepat kemudian lepas ( jangan di tahan )

> Cara Restart Paksa : Lakukan cara ini dengan cepat, pertama Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas, kemudian tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas dan yang terakhir tekan dan tahan terus tombol Samping hingga iPhone restart

Ya, memang seperti itulah yang kalian dapatkan dari sistem baru iPhone tanpa tombol home, jika kalian merindukan tombol home kalian bisa menggunakan Assistive Touch, yaitu menu pintasan mirip tombol home yang akan selalu tampil di layar, cara mengaktifkannya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Assistive Touch.


Bagaimana menurut kalian? baik sekian informasi cara mengatur tombol samping pada iPhone, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!