Dampak Sering Hotspot Internet Dari iPhone atau Android

Hotspot, Tethering atau Penambatan merupakan fitur berbagi internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Biasanya fitur hotspot ini kita gunakan untuk membagikan internet dari smartphone kita ke smartphone lainnya, laptop, komputer atau apapun itu perangkat yang bisa menerima jaringan melalui Wi-Fi, USB atau Bluetooth.


Namun adakah dampak negatif dari sering melakukan hotspot dari Smartphone kalian ke perangkat lainnya? jawabannya tentu saja ada, bahkan bisa dibilang cukup banyak. Apa saja itu?

Berikut Dampak Buruk Sering Hotspot Internet Dari Smartphone ke Perangkat Lainnya :

Smartphone Menjadi Cepat Panas

Dengan melakukan hotspot, smartphone kalian akan bekerja hampir 2x lipat lebih keras dibandingkan dengan dalam keadaan normal. Hal ini disebabkan oleh permintaan jaringan internet terus-menerus dari perangkat yang tersambung, belum lagi penggunaan internet dari smartphone kalian sendiri dan buruknya jaringan sekitar. Hasil akhirnya smartphone kalian akan menjadi lebih cepat panas.

Baterai Menjadi Lebih Boros

Hampir sama seperti diatas, penggunaan daya akan dititik beratkan pada smartphone yang melakukan hotspot sehingga membuat smartphone bekerja ekstra keras. Dampaknya penggunaan baterai meningkat dan baterai pada smartphone kalian akan lebih cepat habis.

Penggunaan Data Internet Menjadi Sulit Terkontrol

Tentu saja kalian akan menggunakan jaringan data seluler untuk membagikan hotspot ke perangkat lain. Nah disinilah titik dimana kalian sulit mengontrol pengguna data internet yang dibagikan, sebab dalam kasus tertentu perangkat yang dibagikan akan menggunakan data sebanyak mungkin yang bisa digunakan tanpa disadari, contohnya seperti mengupdate sistem atau aplikasi secara otomatis.

Performa Smartphone Menurun

Karena smartphone mudah panas saat melakukan hotspot, dampaknya performa smartphone juga akan ikut menurun seiring dengan bertambahnya panas.

Jaringan Tidak Stabil

Yang terakhir tentu saja banyak dari kalian pasti sudah tahu, ya, jaringan internet kalian ataupun yang dibagikan melalui hotspot tidak akan stabil saat keduanya menggunakan jaringan internet secara bersamaan. Dampaknya seperti buffering saat streaming video sampai lag saat bermain game.

Buat admin sendiri hotspot internet dari smartphone ke perangkat lainnya secara terus-menerus bahkan setiap hari, bukanlah solusi yang baik terutama untuk keberlangsungan smartphone. Jika ingin membagikan internet ke perangkat lainnya misalnya saja laptop, kalian bisa menggunakan modem Mi-Fi yang bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu mengorbankan smartphone kalian.

Namun disisi lain ada banyak juga dampak positif dari sering melakukan hotspot ke perangkat lainnya, seperti :

  • Membagikan jaringan internet dimana dan kapan saja terutama di waktu mendesak
  • Kalian menolong orang lain yang membutuhkan jaringan internet karena habis paket
  • Kalian di cap baik hati dan tidak pelit
  • Operator jaringan seluler senang karena penggunaan internet yang melambung ( #bercanda )
  • Berbagi itu indah

Baik sekian informasi dari " dampak sering hotspot internet dari smartphone iPhone ataupun Android kalian ". Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!