Cara Mengatasi Hasil Rekaman Video Di iPhone Tidak Ada Suara

Kegiatan merekam video adalah hal yang sering kita lakukan untuk mengabadikan momen-momen tertentu, terutama bagi yang menggunakan kamera pada iPhone sudah tidak diragukan lagi kualitas video yang dihasilkan.


Namun apa jadinya jika video hasil rekaman dari iPhone, iPad ataupun iPod touch kalian tidak bersuara saat dimainkan? tidak perlu khawatir saya yakin 99.99% suara pada video sudah terekam namun belum diaktifkan saja saat video diputar, masalah ini sebenarnya sangat sepele, apalagi bagi kalian yang baru pertama kalinya menggunakan produk Apple, khususnya iPhone hehe.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara mengatasinya supaya hasil video di iPhone kalian bisa bersuara.

Besarkan Volume iPhone

Terlihat sepele, namun banyak orang yang belum sadar bahwa volume pada iPhone mereka belum di besarkan. Jangan lupa juga nonaktifkan mode silent yang berada dibagian atas tombol Volume. Jika belum bersuara juga lanjutkan cara di bawah berikut.

Tap "Icon Volume" Untuk Memainkan Suara

Saat memutar video dari galeri foto, iPhone tidak akan langsung memainkan suara dari video tersebut. Nah untuk mengaktifkan suara saat memutar video silahkan tap icon Volume yang terdapat pada menu bagian bawah video. Contohnya bisa kalian lihat gambar berikut :


Gambar kiri menunjukkan suara dalam keadaan mati, setelah di tap / nyalakan maka suara akan muncul ( gambar kanan ).

Pastikan juga kalian sudah membesarkan volume di iPhone kalian supaya suara pada video terdengar lebih jelas. Bagaimana hasilnya? apakah sudah berhasil? :)

Cek Izin Penggunaan Mikrofon Pada Aplikasi

Jika video yang direkam bukan berasal dari aplikasi kamera bawaan iPhone, melainkan aplikasi kamera, sosmed atau perekaman pihak ketiga. Coba cek kembali izin penggunaan mikrofon pada aplikasi tersebut, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Mikrofon dan pastikan izin untuk aplikasi yang digunakan untuk merekam sudah dinyalakan.


Jika ya memang ternyata izin mikrofon tidak diberikan pada aplikasi tersebut, sayang sekali hal ini hanya akan berefek pada perekaman selanjutnya. Perekaman sebelum izin mikrofon tidak diberikan tetap tidak akan memiliki suara.

Tutup Aplikasi Galeri Foto Kemudian Buka Kembali

Selanjutnya ada kemungkinan juga iPhone kalian mengalami bug, seperti judul coba tutup aplikasi foto kalian dari latar belakang. Jika sudah silahkan buka kembali dan lihat hasilnya.

Restart iPhone

Terakhir, coba restart iPhone kalian sederhananya silahkan matikan selama sekitar 30 detik, setelah itu silahkan nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Cek Fungsi Mikrofon

Apabila cara-cara diatas tidak ada yang membuahkan hasil, coba cek fungsi dari mikrofon pada iPhone kalian, sebab mikrofon inilah yang bertanggung jawab untuk merekam suara dari luar. Cara tesnya mudah, silahkan buka aplikasi Memo Suara kemudian tap icon merah untuk mulai merekam suara.


Cek juga apakah saat melakukan percakapan telepon lawan bicara bisa mendengar suara kalian? Apabila tidak bersuara kemungkinan mikrofon pada iPhone kalian bermasalah. Kalian bisa mencoba memperbaiki masalah mikrofon tersebut menggunakan cara-cara yang sudah pernah saya posting pada artikel berikut : Cara Memperbaiki Mikrofon iPhone Tidak Berfungsi

Baik sekian informasi cara mengatasi hasil rekaman video di iPhone yang tidak bersuara. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!