Daftar iPhone yang Punya 3D Touch & Haptic Touch

3D Touch merupakan salah satu fitur sensitivitas layar pada iPhone yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 6S.

Dengan 3D Touch kalian bisa membuka beberapa menu popup (menu tambahan), menggeser cursor pada keyboard hingga digunakan untuk bermain game.


Salah satu penerapan fitur 3D Touch yang paling admin sukai adalah saat bermain game. Misalnya saja saat bermain game balapan (sebut saja Grid Autosport), kalian bisa mengatur sendiri seberapa kencang kendaraan kalian melaju hanya dengan mengatur tekanan pada layar, semakin kencang menekan layar menandakan gas akan semakin tinggi begitu juga sebaliknya.

Namun sayangnya Apple memutuskan untuk menghilangkan fitur 3D Touch dimulai saat perilisan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Apple menggantikan fitur 3D Touch dengan fitur Haptic Touch yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone XR

Apa itu Haptic Touch? memiliki fungsi yang sama dengan 3D Touch namun tidak didasarkan pada sensitivitas layar, Haptic Touch merupakan fitur yang dikembangkan untuk pertamakalinya oleh Apple melalui iPhone XR sebagai alternatif pengganti 3D Touch.

Mengingat iPhone XR merupakan seri termurah dari iPhone yang dirilis saat itu, kemungkinan besar hal ini dilakukan untuk menekan harga produksi karena penerapan teknologi 3D Touch yang cukup mahal.

Lalu iPhone Apa Saja Yang Memiliki Fitur 3D Touch?

Fitur 3D Touch hanya dimiliki oleh iPhone tertentu saja seperti :

  • iPhone 6S
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max

Apa Saja iPhone Yang Memiliki Fitur Haptic Touch?

  • Semua iPhone yang Menggunakan iOS 13 atau lebih baru

Apakah Fitur 3D Touch Lebih Baik dari Haptic Touch?

Jawaban simplenya YA, namun fitur 3D Touch sudah tidak terlalu penting lagi mengingat hampir 90% fungsi 3D Touch sudah bisa kalian dapatkan melalui fitur Haptic Touch. Hanya saja pada beberapa penggunaan tertentu seperti saat memindahkan kursor keyboard melalui sembarang tempat dan bermain game dengan dukungan sensitivitas layar, baru terlihat perbedaannya bahwa 3D Touch memiliki fungsi yang jelas dan nyata.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana? Admin sendiri memiliki 2 buah iPhone yang memiliki dan tidak memiliki fitur 3D Touch, namun saat menggunakan iOS 13 pada kedua iPhone tersebut, rasanya sama saja. Intinya fitur 3D Touch dan Haptic Touch tidak berbeda jauh, jadi meninggalkan fitur 3D Touch untuk saat ini merupakan keputusan yang tepat diambil oleh Apple.

Kalau menurut kalian sendiri bagaimana? silahkan tinggalkan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!