Pakar Keamanan Temukan Celah Jailbreak Untethered iOS 13.4.1

Komunitas jailbreak kembali dikejutkan dengan ditemukannya exploit tfp0 yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan jailbreak pada iOS 13.4.1. Satu hal yang menarik perhatian adalah exploit ini bersifat " Untethered ", dan dapat bekerja juga untuk perangkat yang menggunakan chipset Apple A13, tidak salah! iPhone SE 2, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang merupakan iPhone terbaru saat ini.


Satu hal yang menjadi penting di catat, adalah sifat " Untethered " yang sudah sangat jarang terdengar, bahkan hampir punah karena sulitnya mendapatkan exploit tersebut. Bagi yang belum tahu, sifat Untethered bisa dibilang merupakan sifat " Jailbreak Penuh " yang mana status jailbreak tidak akan hilang meskipun perangkat di matikan. Tidak seperti sifat " Semi-Untethered " dimana ketika perangkat di restart, otomatis jailbreak akan hilang dan harus melakukan jailbreak ulang melalui aplikasi jailbreak yang hanya bertahan 7 hari setiap kali di install.

Exploit ini ditemukan oleh salah satu pakar keamanan di perusahaan keamanan Qihoo 360, Proteas. Yang diumumkan melalui akun twitternya pada 19 April 2020 kemarin.


Dalam twitnya tersebut, menunjukkan kode yang mana telah ditemukannya tfp0 exploit untethered pada iOS 13.4.1 untuk perangkat dengan chipset Apple A13. Perlu diketahui juga Proteas merupakan salah satu pakar keamanan yang sering melaporkan berbagai macam bug ke Apple, jadi dengan begitu reputasinya sudah tidak diragukan lagi.

Untuk saat ini exploit ini belum dirilis ke publik, mengingat iOS 13.4.1 masih yang terbaru kemungkinan besar exploit ini akan dirilis setelah Apple memperbaikinya pada iOS terbaru nantinya. Kita berharap saja sang pakar keamanan Proteas mau merilis exploit ini ke publik.

Status Jailbreak iOS 13.4.1

Nah bagi yang bertanya-tanya status jailbreak dari iOS 13.4.1, pada saat postingan ini ditulis iOS tersebut sudah bisa di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n. Sedikit informasi bagi yang belum tahu, Checkra1n merupakan salah satu aplikasi jailbreak Semi-Tethered, yang dibuat berdasarkan celah exploit dari hardware yang ditemukan pada iPhone 5S hingga iPhone X. Karena exploit ini ditemukan melalui bug pada hardware, menjadikan perangkat yang terdampak dapat melakukan jailbreak selamanya pada iOS berapapun.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Bagaimana menurut kalian? seperti yang diketahui jailbreak untethered terakhir yang dirilis ke publik adalah Pangu untuk iOS 9.0 - iOS 9.1. Sejak saat ini tidak ada jailbreak untethered lagi yang dirilis, melainkan jailbreak Semi-Tethered ataupun Semi-Untethered. Jadi kita bisa berharap exploit berharga ini akan segera di rilis ke publik dan kita bisa menikmati kembali masa-masa kejayaan jailbreak.