Cara Mengecek Warna Asli Housing Bawaan iPhone

Buat yang penasaran dan ingin mengetahui warna asli dari iPhone kalian, entah karena mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan warna yang ada pada iPhone, atau ragu saat membeli iPhone second ( refurbished ). Pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengecek warna asli bawaan dari iPhone tersebut.


Sebelumnya perlu diketahui juga, setiap iPhone dilengkapi dengan informasi komponen apa saja yang dibawanya termasuk model dan jenis warna pada bodi iPhone tersebut, hal ini juga berlaku bagi pengguna iPad dan iPod touch.

Dan untuk mengetahui secara pasti warna asli dari iPhone tersebut, disini kita akan menggunakan beberapa cara, termasuk melalui website dan dapat juga memanfaatkan aplikasi 3uTools di komputer, yang berfungsi untuk menampilkan detail informasi dari iPhone beserta warna asli bawaan dari iPhone tersebut. Selain itu aplikasi ini juga dapat melihat indikasi apakah komponen dalam iPhone kalian sudah ada yang diganti atau belum. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cek Menggunakan IMEI.Info

#1 : Pertama silahkan copy IMEI pada iPhone kalian ( masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian tahan pada menu IMEI kemudian tap Salin )

#2 : Kemudian masuk ke website berikut : IMEI.Info

#3 : Setelah itu masukkan IMEI kalian ke kolom yang sudah tersedia dan tap Check

#4 : Jika sudah silahkan tap pada menu More Details

#5 : Lalu check pada bagian / menu Color


Cara Cek menggunakan 3uTools ( lebih lengkap )

*gunakan komputer, laptop atau mac

#1 : Pertama pastikan kalian sudah menginstall iTunes dan aplikasi 3uTools, jika belum silahkan download melalui link berikut.

Download - iTunes ( iTunes dibutuhkan sebagai driver iPhone )
Download - 3uTools

#2 : Setelah terinstall silahkan sambungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi 3uTools ( jangan lupa buka password pada iPhone kalian dan tap Percayai jika diminta )

#3 : Sekarang jika iPhone kalian sudah terdeteksi oleh aplikasi 3uTools, silahkan lihat pada menu model iPhone kalian dibagian paling atas ( contoh : iPhone 7 Jet Black )


#4 : Untuk lebih detailnya silahkan klik menu View iDevice Details

#5 : Kemudian perhatikan menu Panel Color dan Enclosure Color


  • Panel Color : Mengindikasikan warna pada panel bagian depan / layar iPhone
  • Enclosure Color : Mengindikasikan warna pada bodi belakang iPhone secara keseluruhan



Apabila warna yang ditampilan cocok dengan iPhone kalian, hal ini menandakan iPhone tersebut memang masih original dan belum pernah diganti housing. Tapi sekali lagi cara diatas bisa jadi kurang akurat, namun setidaknya bisa dijadikan patokan untuk mengindikasikan warna asli pada iPhone kalian.

Cek Melalui IMEI Garansi iPhone

Selanjutnya cara ini lebih mudah dan tidak membutuhkan komputer, yaitu dengan mengecek IMEI pada iPhone. Caranya silahkan copy IMEI pada iPhone kalian ( masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian tahan pada menu IMEI kemudian tap Salin ). Sekarang buka website Apple berikut https://checkcoverage.apple.com/id/in/ kemudian masukkan IMEI kalian kemudian tap Lanjutkan. Jika sudah silahkan lihat gambar informasi iPhone yang muncul berdasarkan cek IMEI tersebut.


Cek Melalui iTunes ( paling sederhana )

Ya cara terakhir yang paling sederhana, kalian bisa menyambungkan iPhone kalian ke komputer kemudian buka aplikasi iTunes, lalu klik pada menu iPhone kalian. Setelah itu kalian akan melihat icon gambar iPhone kalian beserta warnanya


Baik sekian informasi cara mengecek warna asli bawaan iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!