Cara Install iOS / iPadOS versi Beta Tanpa PC

Sebelum mengeluarkan versi Publik, iOS dan iPadOS ( termasuk Apple TV dan MacOS ) sudah melewati berbagai tahap percobaan melalui versi ( beta ). Tahap-tahap percobaan ini digunakan oleh beberapa developer untuk mencari celah bug, error atau kesalahan agar nantinya bisa dilaporkan, diperbaiki dan akhirnya dirilis secara resmi ke Publik apabila sudah dirasa cukup stabil dan bebas dari bug.


Nah bagi kalian yang ingin mencoba dan menjadi salah satu bagian dari program iOS beta dan menginstall iOS terbaru versi beta, kalian bisa melakukannya dengan mudah dan tentu saja gratis. Apple sendiri menyediakan program yang bisa digunakan siapapun yang ingin mencoba iOS versi beta, dan melaporkannya apabila ada bug atau kesalahan yang ditemukan ke Apple langsung melalui aplikasi Feedback yang secara otomatis akan terinstall.

Namun sebelum melanjutkan perlu diperhatikan, iOS versi beta memiliki banyak bug dan terkadang tidak cocok digunakan sehari-hari. Sebelum mengupdate ke iOS versi beta pastikan kalian sudah membackup seluruh data pada iPhone kalian, sebab ada resiko besar kalian akan kehilangan data-data saat mengisntall iOS versi beta. Jika sudah siap silahkan ikuti cara-cara berikut ini untuk menginstall iOS atau iPadOS versi beta.

Cara Install iOS / iPadOS versi Beta tanpa PC

#1 : Siapkan iPhone, iPad atau iPod touch kalian, kemudian daftarkan akun Apple ID kalian ke Apple Beta Program melalui link berikut : https://beta.apple.com/sp/betaprogram/

#2 : Jika sudah tap menu Sign Up dan masukkan Apple ID yang digunakan pada iPhone kalian

#3 : Sekarang tap menu iOS bagi yang menggunakan iPhone atau iPadOS bagi pengguna iPad

#4 : Setelah itu tap menu enroll your iOS device


#5 : Kemudian tap menu Download profil


#6 : Tap menu Izinkan jika diminta kemudian tap lagi Tutup


#7 : Sekarang buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kalian kemudian masuk ke menu Umum > Profil > ( menu iOS beta ) > Install > Install > Install


#8 : Terakhir silahkan tap Mulai Ulang untuk merestart iPhone


#9 : Setelah selesai restart, kalian bisa mendownload iOS versi beta melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak >Unduh dan Install


Sekarang kalian tinggal menunggu proses downloadnya selesai kemudian menginstallnya.

Pada iOS versi beta kalian akan mendapatkan aplikasi Feedback yang tentu saja tidak dapat dihapus. Aplikasi feedback ini berfungsi sebagai tempat untuk melaporkan bug atau kesalahan-kesalahan pada iOS versi beta yang kalian gunakan.


Bagaimana tidak sulit kan? baik sekian dulu informasi cara menginstall iOS iPhone / iPadOS iPad versi beta tanpa memerlukan komputer. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.