Cara Mengatasi Aplikasi Cydia Tidak Bisa Dibuka / Crash

Aplikasi Cydia merupakan salah satu aplikasi manajemen jailbreak terpopuler dan paling banyak digunakan saat ini. Namun apa jadinya jika aplikasi Cydia tiba-tiba tidak bisa terbuka? tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki aplikasi Cydia yang crash atau keluar sendiri saat mau dibuka.


Sebelumnya apa sih yang menyebabkan aplikasi Cydia ini tidak mau terbuka? ada banyak kemungkinan dan kemungkinan yang paling besar adalah kesalahan dari menginstall tweak, entah tidak kompatibel atau memang berisikan malware. Kemungkinan lainnya bisa juga datang dari update Cydia dan komponen-komponennya yang gagal / corrupt dan lain sebagainya. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut untuk memperbaiki aplikasi Cydia kalian yang tidak mau terbuka.

Sebelum melanjutkan, do it at your own risk! admin tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan yang terjadi. Backup data-data penting sebelum melanjutkan dan ikuti cara di bawah berikut dengan teliti.

Pastikan iPhone Dalam Keadaan Terjailbreak

Jailbreak yang banyak beredar saat ini adalah jailbreak dengan sifat Semi-Untethered, ini artinya ketika iPhone di restart atau mati, maka jailbreak juga akan ikut mati dan otomatis aplikasi Cydia tidak akan dapat terbuka. Untuk mengatasi masalah ini pertama-tama pastikan iPhone kalian sudah dalam keadaan terjailbreak.

Bagaimana cara ceknya? coba buka aplikasi Jailbreak yang kalian gunakan misalnya Unc0ver, Electra atau Chimera. Jika menunjukkan tombol dengan status " Jailbreak " kemungkinan iPhone kalian dalam keadaan tidak terjailbreak, silahkan tap tombol Jailbreak untuk melakukan jailbreak ulang. Namun apabila menunjukkan tombol " Re-Jailbreak " berarti iPhone kalian masih dalam keadaan terjailbreak.

Jailbreak Ulang

Sekedar melengkapi untuk cara pertama diatas, apabila kalian masih pengguna baru jailbreak perlu diperhatikan bahwa jailbreak yang banyak beredar saat ini bersifat Semi-Untethered, seperti Unc0ver, Chimera, Electra, Yalu dan lain sebagainya. Jailbreak akan hilang ketika perangkat di restart, maka dari itu ketika iPhone dalam keadaan tidak terjailbreak aplikasi Cydia tentu saja tidak akan dapat dibuka alias akan mengalami crash. Untuk memperbaiki masalah ini silahkan buka aplikasi jailbreak kalian dan lakukan jailbreak ulang / re-jailbreak.

Install Ulang Cydia

Caranya mudah, sebagai contoh disini admin menggunakan jailbreak Unc0ver ( cara ini cocok bagi yang menggunakan jailbreak semi-untethered seperti electra, unc0ver atau chimera ), silahkan buka aplikasi jailbreak Unc0ver kemudian tap pada menu Pengaturan ( gambar icon gear ) lalu aktifkan menu " Reinstall Cydia " dan " Reset Cydia Cache ", jika sudah tap Done kemudian tap Re-Jailbreak atau Jailbreak untuk menerapkan pengaturan.


Bagi yang menggunakan jailbeak Semi-Tethered seperti Checkra1n silahkan buka aplikasi Checkra1n kemudian pilih Reinstall Cydia dan lakukan jailbreak ulang.

Hapus File Pengaturan Cydia

Masih belum berhasil? coba cara manjur ini yang sudah berhasil admin buktikan sendiri, disini kita akan menghapus file bernama " metadata.cb0 " dan " com.saurik.cydia ". Bagaimana caranya?

Pertama pastikan kalian sebelumnya sudah menginstall tweak Filza File Manager, jika sudah sekarang buka direktori /var/mobile/library/cydia kemudian hapus file metadata.cb0. Kemudian masuk lagi ke direktori /var/mobile/library/caches kemudian hapus folder com.saurik.cydia.


Jika kalian tidak sempat atau belum menginstall filza file manager, kalian bisa menggunakan iCleaner. Caranya? buka tweak iCleaner kemudian masuk ke menu File Prefensi lalu hapus Cydia ( com.saurik.Cydia.plist ), cara hapusnya seret menu ke arah kiri kemudian tap Hapus.


Jika sudah sekarang buka kembali aplikasi Cydia kalian dan lihat hasilnya.

Ya, itu saja cara-cara mengatasi aplikasi Cydia yang tidak mau terbuka / crash, seharusnya dengan mengikuti salah satu cara diatas aplikasi Cydia kalian sudah berhasil di buka kembali ya.. jika tidak kemungkinan jailbreak kalian mengalami masalah, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah detail bagaimana masalah tersebut bisa terjadi siapa tahu admin bisa membantu, terima kasih :)