Cara Mengatasi Efek Kode di iMessage Tidak Muncul

Sebelumnya admin pernah membuat postingan soal, Daftar Kode / Kata Untuk Memunculkan Efek Tulisan di iMessage. Namun apa jadinya jika kode yang kalian masukkan di iMessage tidak berhasil memunculkan efek yang diinginkan? Tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara untuk memperbaikinya.


Masalah efek kode yang tidak muncul dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa dari kesalahan pada pengaturan, kesalahan saat memasukkan kode, bug dan lain sebagainya. Untuk memperbaiki masalah tersebut relatif cukup mudah, kalau begitu langsung saja silahkan ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cek Pengaturan " Gerakan "

Kurangi Gerakan / Reduce Motion adalah salah satu fitur iPhone yang berfungsi untuk mengurangi animasi gerakan di iPhone. Apabila kalian menyalakan fitur tersebut, silahkan nonaktifkan terlebih dahulu untuk menggunakan efek di iMessage, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan kemudian matikan menu Kurangi Gerakan jika dalam kedaan menyala.


Pastikan juga menu Putar Efek Pesan dalam keadaan menyala.

Cek Kode Yang Dimasukkan

Ingat kode yang dimasukkan tidak boleh dicampur dengan kata-kata lainnya, misalnya kalian ingin membuat efek laser dengan kode " Pew Pew ", silahkan tuliskan saja kata Pew Pew dan jangan ditambah kata apapun kemudian langsung di kirim dan lihat hasilnya. Pastikan kalian sudah memasukkan kode yang benar, baca kode-kode iMessage pada postingan berikut : Daftar Kode / Kata Untuk Memunculkan Efek Tulisan di iMessage

Untuk mengirim pesan teks beserta dengan efek kalian bisa melakukannya secara manual tanpa kode, caranya silahkan masukkan teks yang ingin di kirim kemudian tap dan tahan pada tombol kirim lalu pilih menu Layar.

Pastikan Mengirimkan iMessage dan Bukan SMS

Cek apakah pesan yang kalian kirim merupakan pesan iMessage dan bukan SMS biasa. Cara mengetahuinya mudah, apabila menu pesan yang ditampilkan berwarna Hijau berarti kalian sedang berada pada mode SMS, sedangkan apabila pesan yang di tampilkan berwarna Biru berarti sedang berada pada mode iMessage.


Jika berwarna Hijau, pastikan kalian sudah mengaktifkan iMessage melalui Pengaturan > Pesan > iMessage, pastikan juga si penerima pesan sudah mengaktifkan iMessage. Jika belum berhasil juga coba masukkan alamat email iCloud yang digunakan oleh si penerima pesan, ke dalam kontaknya yang ada di iPhone kalian, kemudian buat pesan baru dan pastikan untuk mengirimkannya ke alamat iCloud si penerima.

Cek Jaringan Internet

Ingat, aplikasi iMessage berbeda dengan SMS, iMessage membutuhkan koneksi internet untuk dapat bekerja, seperti mengirimkan gambar / foto, video, audio, dokumen hingga untuk memunculkan efek.

Coba Gunakan Efek Secara Manual

Coba gunakan efek manual tanpa kode, caranya? silahkan masukkan teks yang akan di kirimkan, kemudian tap dan tahan pada tombol Kirim ( gambar 1 ), selanjutnya pilih menu Layar ( gambar 2 ) lalu silahkan geser layar untuk memilih efek yang di inginkan, jangan lupa tap tombol Kirim jika sudah.


Tutup Kemudian Buka Kembali iMessage

Coba tutup aplikasi iMessage dari multitask kemudian buka kembali, jika sudah coba lagi efek iMessagenya.

Restart iPhone

Jika tidak berhasil juga coba restart iPhone kalian, sederhananya silahkan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali. Caranya?

Untuk iPhone tanpa tombol Home / Utama silahkan tekan dan tahan tombol Samping hingga muncul menu untuk mematikan iPhone. Sedangkan untuk iPhone tanpa tombol Home / Utama seperti iPhone X, silahkan tekan dan tahan tombol Samping dan Volume Bawah / Atas secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Apabila kalian menggunakan Mode Daya Rendah coba matikan terlebih dahulu kemudian coba kembali. Jika masih belum bisa lanjut cara terakhir di bawah.

Update ke iOS Versi Terbaru

Terakhir, jika masih belum bisa juga coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya? pastikan baterai kalian berada pada angka 50% ( minimal ) kemudian siapkan koneksi internet WiFi yang kencang, lalu buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika sudah silahkan download dan install apabila pembaruan terbaru sudah tersedia.

Bagaimana apakah sudah berhasil? admin harap sudah ya.. hehe.

Baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!