Cara Mengatur Informasi Pribadi untuk Siri di iPhone dan iPad

Siri adalah Virtual Assistant milik Apple yang dikembangkan khusus bagi pengguna iPhone, iPad, iPod touch, Mac, Apple TV, Apple Watch dan Homepod. Agar pengalaman dalam menggunakan Siri semakin baik, kalian perlu memberikan data informasi diri kalian ke Siri agar Siri dapat mengetahui siapa kalian dan informasi apa yang kalian butuhkan.


Seperti contoh apabila kalian lupa nama nomor telepon atau alamat email yang sudah kalian masukkan dalam informasi kontak pribadi, kalian bisa meminta siri untuk menyebutkannya, atau mungkin kalian ingin pulang ke rumah namun tidak tahu jalan? kalian bisa meminta siri untuk menujukkan jalan pulang ke rumah sesuai dengan informasi alamat rumah yang telah kalian masukkan dalam informasi kontak pribadi.

Sebelum melanjutkan pastikan kalian telah mengatur terlebih dahulu informasi diri kalian (nomor telepon, email, alamat rumah dll.) di dalam aplikasi Kontak (buat kontak berisikan informasi diri kalian sendiri), jika sudah silahkan ikuti cara di bawah berikut untuk memberikan informasi kalian kepada Siri :

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu Siri & Pencarian > Informasi Saya


#3 : Jika sudah silahkan pilih kontak yang berisikan informasi diri kalian sendiri

Selanjutnya kalian bisa mengakses siri dan coba tanyakan : Who am i? (siapa saya), What is my iPhone number? (sebutkan nomor), Whats is my email address (sebutkan alamat email) dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan ketika ada seseorang atau orang lain yang mengakses Siri dari lockscreen kemudian menanyakan Whose iPhone is this? (siapa pemilik iPhone ini) maka secara otomatis Siri akan menganggap bahwa iPhone tersebut sedang tidak dipengang oleh kalian si pemilik iPhone dan secara otomatis siri akan menonaktifkan fungsi face id ataupun touch id, hasilnya iPhone akan meminta memasukkan password agar dapat diakses.

Bagaimana menurut kalian? apakah kalian sering menggunakan Siri? memang perlu disayangkan saat postingan ini ditulis Siri belum mendukung Bahasa Indonesia, namun kita berharap saja kedepannya siri bisa berbincang-bincang dengan kita dalam Bahasa Indonesia layaknya Google Assistant.