Cara Mengatasi Lokasi / GPS di iPhone Tidak Akurat & Berfungsi

Tidak sedikit pengguna iPhone, iPad bahkan iPod touch yang mengeluhkan bahwa lokasi yang ditunjukkan oleh gps pada iPhone mereka tidak sesuai dan tidak akurat, selain itu dalam beberapa kasus tertentu lokasi yang ditunjukkan juga kadang terhenti dan tidak mau berjalan.

Bayangkan saat berada di tengah jalan yang tidak kalian kurang tahu letaknya dan ingin mencari jalan pulang, eh tiba-tiba gps malah ngaco apalagi sampai tidak mau berjalan, pasti sangat menyebalkan. 


Tetapi tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara untuk memperbaikinya, namun sebelum itu apa sih yang menyebabkan masalah-masalah tersebut? kemungkinan besar diakibatkan oleh bug pada iOS, kendala jaringan sampai ada masalah pada hardware. Kalau begitu langsung saja berikut cara mengatasi lokasi / gps di iPhone yang tidak akurat dan tidak sesuai.

Nyalakan Lokasi Tepat

Di iOS 14 sendiri Apple menambahkan fitur untuk menonaktifkan Lokasi Tepat yang berfungsi agar aplikasi tidak dapat melacak lokasi kalian secara tepat. Nah maka dari itu pastikan kalian telah mengaktifkan fitur ini agar aplikasi di iPhone kalian dapat menetukan lokasi kalian secara akurat.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian tap pada menu aplikasi yang gpsnya tidak akurat, lalu pastikan menu Lokasi Tepat sudah dalam keadaan aktif,.

Cek Koneksi Internet

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah koneksi internet, kebanyakan pengguna yang mengalami masalah GPS yang tidak akurat dikarenakan koneksi internet yang berjalan cukup lambat dan tidak stabil. 

Untuk tips memperbaikinya kalian bisa menyalakan Mode Pesawat (melalui pusat kontrol atau masuk ke Pengaturan > Mode Pesawat) kemudian mematikannya kembali setelah beberapa detik kemudian. Jika sudah silakan dicoba kembali.


Restart Layanan Lokasi

Kedua kalian bisa memulai ulang layanan lokasi dalam artinya dimatikan kemudian nyalakan kembali, bagaimana caranya? silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi jika sudah matikan menu Layanan Lokasi selama beberapa detik, jika sudah silakan nyalakan kembali dan lihat hasilnya.


Cek Izin Aplikasi untuk Penggunaan Layanan Lokasi

Cek juga apakah aplikasi yang bermasalah gps tidak akurat tersebut sudah diizinkan dalam menggunakan layanan lokasi atau belum. Caranya masih sama seperti di atas masuk ke aplikasi  Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi, jika sudah seret ke bawah dan tap pada aplikasi yang diinginkan kemudian pastikan statusnya sudah dalam Saat App Aktif atau Selalu.


Restart iPhone

Masih belum berhasil juga? coba restart iPhone kalian, sederhananya silakan dimatikan beberapa saat kemudian dinyalakan kembali. Cara mematikan iPhone bervariasi tergantung model, untuk iPhone SE 2020, 8, 7, 6 atau lebih lama silakan tekan dan tahan tombol samping / power, sedangkan untuk iPhone dengan notch seperti X atau lebih baru silakan tekan dan tahan tombol samping / power bersamaan dengan tombol volume atas.

Ubah Pengaturan Jaringan Seluler

Jika kalian berada disuatu tempat dan kalian menyadari bahwa sinyal ditempat tersebut sulit didapatkan dan meamng tidak stabil, kalian bisa mencoba mengubah sementara jaringan seluler dari LTE ke 3G. Caranya? silakan buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data kemudian ubah dari LTE ke 3G.


Apabila berhasil untuk selanjutnya jika sudah berada pada tempat dengan jaringan internet yang lebih stabil, silakan ubah kembali dari 3G ke LTE.

Cek Tanggal & Waktu

Periksa juga apakah tanggal dan waktu di iPhone kalian sudah sesuai? jika belum silakan diatur ke Otomatis, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu kemudian nyalakan menu Atur Secara Otomatis.


Apabila masih belum bisa juga coba matikan menu Atur Secara Otomatis kemudian pada menu Zona Waktu silakan pilih zona waktu tempat kalian, selain itu pastikan juga tanggal dan waktu sudah diatur ke menu yang benar.

Apabila belum berhasil juga silakan nyalakan kembali menu Atur Secara Otomatis dan lanjutkan cara di bawah berikut.

Reset Pengaturan Jaringan

Selanjutnya kalian bisa mereset atau mengatur ulang jaringan pada iPhone kalian, caranya? silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Atur Ulang Jaringan, jika sudah coba kembali dan lihat hasilnya.


Atur Ulang Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa mencoba mengatur ulang seluruh pengaturan pada iPhone tentunya tanpa harus menghapus data-data. Namun ingat semua tata letak icon aplikasi, password wifi tersimpan dan lain sebagainya akan diatur ulang. Jika setuju langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.

Update iOS ke Versi Terbaru

Cara selanjutnya kalian bisa mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini, carnaya? silakan gunakan koneksi internet Wi-Fi kemudian buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, jika sudah apabila ada pembaruan tersedia silakan tap menu Download dan Install.

Reset Seluruh Pengaturan dan Data pada iPhone

Cara terakhir ini agak lebih ekstrim, namun apabila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil maka cari terakhir ini bisa kalian coba. Tetapi sebelumnya silakan backup seluruh data-data pada iPhone kalian sebab iPhone tersebut akan dihapus total seperti keadaan baru, jika setuju langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Hapus Konten & Pengaturan


GPS Tidak Akurat Setelah update iOS? Coba Downgrade

Jika GPS yang tidak akurat tersebut diakibatkan setelah mengupdate iOS ke versi terbaru, kalian bisa coba melakukan downgrade ke iOS versi sebelumnya. Namun ingat cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone jadi pastikan sudah di backup terlebih dahulu, jika sudah langsung ikuti cara-caranya yang sudah admin bagikan pada postingan berikut ( pilih salah satu ) :


Terakhir...

Apabila sudah mengikuti cara-cara di atas dan GPS pada iPhone kalian tidak juga berhasil berfungsi dengan baik, ada kemungkinan terjadi masalah pada salah satu komponen pendukung fungsi GPS pada iPhone. Solusinya silakan bawa iPhone kalian ke service center Apple atau teknisi yang sudah terpercaya untuk didiagnosa apakah ada kerusakan atau tidak.

Baik itu saja cara-cara memperbaiki dan mengatasi layanan lokasi gps di iPhone, iPad dan iPod touch yang tidak akurat dan tidak sesuai. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.