Cara Mengganti Nama Jaringan Operator di iPhone dan iPad

Mengubah atau Mengganti nama jaringan operator seluler di iPhone dan iPad bisa kalian lakukan dengan cukup mudah, asalkan dengan syarat iPhone sudah dalam keadaan ter Jailbreak. Ya, secara bawaan iOS / iPadOS tidak mengizinkan kalian untuk memodifikasi nama operator jaringan, maka dari itu apabila kalian berniat untuk melakukannya, jailbreak menjadi solusi paling tepat.


Jadi sebelum melanjutkan tutorial ini pastikan iPhone kalian sudah dalam keadaan ter Jailbreak, jika belum dan memang berniat untuk jailbreak, kalian bisa mencari tutorial jailbreak sesuai dengan iOS dan iPhone yang kalian gunakan melalui menu berikut : https://www.pukeva.com/search/label/Jailbreak/max-result=9 atau gunakan menu pencarian di blog ini.

Baik admin anggap perangkat kalian sudah di jailbreak ya, sekarang langsung saja ikuti tutorial berikut untuk mengubah nama operator jaringan di iPhone dan iPad sesuka kalian :

#1 : Silahkan buka aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia atau Sileo

#2 : Kemudian pada menu Search / Pencarian silahkan cari tweak Carrierizer (untuk sekarang tweak ini sudah mendukung hingga iOS 13 dan kemungkinan akan terus di update)

Sebagai tambahan Carrierizer merupakan tweak jailbreak yang digunakan untuk mengubah nama operator jaringan di iPhone, namun apabila tweak tersebut tidak bekerja ada banyak alternatif tweak serupa lainnya, seperti Xeon

#3 : JIka sudah tap Install atau Modify > Install jika sudah tap Confirm dan tunggu hingga proses installasinya selesai lalu tap lagi Restart Springboard


#4 : Jika sudah sekarang buka aplikasi Pengaturan kemudian scroll ke bawah dan buka menu Carrierizer

#5 : Lalu pastikan menu Enable Carrierizer! sudah dinyalakan kemudian pada menu Carrier Operator Text: silahkan masukkan nama operator yang kalian inginkan, jika sudah scroll ke bawah (tutup dulu keyboardnya, tap Kembali) kemudian pilih Restart Springboard lalu tap lagi OK


#6 : Terakhir silahkan lihat sendiri hasilnya :) khusus untuk iPhone X, Xr, Xs, 11, 11 Pro dan seterusnya (layar notch) kalian bisa melihat nama operator jaringan dengan membuka panel pusat kontrol dengan menyeret ujung kanan atas layar ke arah bawah


Selain merubah nama jaringan hanya sekedar teks, kalian bisa menambahkan berbagai macam emoji lucu, menarik dan keren lainnya, contohnya bisa kalian lihat gambar di atas.

Seperti yang tadi sudah admin sampaikan, tweak Carrierizer saat postingan ini di tulis sudah mendukung mulai dari iOS 10 hingga iOS 13 dan kemungkinan besar akan terus di update menyusul dengan ketersediaan jailbreak pada iOS terbaru. Namun apabila tweak ini tidak bekerja kalian bisa menggunakan alternatifnya seperti tweak Xeon, untuk proses installasi dan penggunaannya kira-kira hampir sama.

Oke sekian dulu informasi cara mengganti nama jaringan operator di iPhone dan iPad, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!