Cara Mengatur agar iPhone Tidak Bisa Dilacak Tanpa Seizin Kalian

iOS: iPhone, iPod touch dan iPadOS: iPad, memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melacak keberadaan perangkat kalian oleh sesama pengguna iOS juga, namun pelacakan tersebut tidak sembarangan, sebelumnya tentu saja kalian sudah harus mengizinkan terlebih dahulu kepada sesama pengguna iOS tersebut untuk dapat melakukan pelacakan pada perangkat kalian.


Salah satu fitur yang paling sering dimanfaatkan untuk melacak keberadaan sesama pengguna iPhone adalah aplikasi Lacak / Find My, dengan aplikasi tersebut kalian dan sesama pengguna iOS lainnya bisa saling menambahkan izin pelacakan satu sama lain menggunakan akun iCloud, sehingga jika masing-masing sudah terhubung kalian bisa mengetahui secara realtime lokasi perangkat sesama pengguna iOS tersebut dan begitu pula sebaliknya.

Sisi positifnya, tentu saja fitur ini bisa digunakan untuk mengawasi keluarga atau orang terkasih agar tidak tersesat? atau bohong? 😂 sebenarnya selain itu fitur ini juga sangat berguna untuk melacak keberadaan sewaktu-waktu iPhone tersebut hilang atau tertinggal ditempat yang tidak diketahui.

Nah sesuai judul postingan, disini admin akan membagikan cara agar iPhone kalian tidak bisa dilacak oleh orang lain yang sudah terhubung dengan akun iCloud kalian. Intinya disini admin akan membagikan cara agar kalian bisa mengontrol kendali penuh atas izin pelacakan pada iPhone kalian sendiri :)

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini :

Kontrol Izin Pelacakan oleh Aplikasi Lacak / Find My

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi Lacak / Find My di iPhone, iPad atau iPod touch kalian

#2 : Sekarang pada menu Orang kalian bisa melihat siapa saja yang dapat melacak keberadaan iPhone kalian,

#3 : Agar kontak-kontak tersebut tidak bisa melakukan pelacakan pada perangkat kalian, silahkan masuk ke menu Saya lalu matikan menu Bagikan Lokasi Saya


#4 : Kalian juga bisa menghapus kontak tersebut agar tidak bisa melakukan pelacakan lagi, caranya silahkan tap pada kontak yang diinginkan lalu tap Hapus *nama kontak*


Ingin mematikan total aplikasi Lacak? meski tidak disarankan namun kalian bisa menonaktifkan izin penggunaan lokasi pada aplikasi Lacak, caranya? silahkan masuk ke Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Lacak kemudian pilih Jangan Pernah.


Sudah itu saja? tidak! ada satu fitur lagi yang dapat digunakan untuk melihat lokasi apa saja yang baru atau pernah kalian kunjungi. Apa itu? langsung saja baca ulasan selanjutnya berikut ini.

Nonaktifkan Riwayat Tempat yang Pernah Dikunjungi

iPhone, iPad maupun iPod touch yang kalian gunakan secara otomatis akan mengumpulkan lokasi-lokasi yang pernah kalian kunjungi, namun tenang saja riwayat lokasi ini tidak dapat dibaca oleh siapapun termasuk oleh Apple kecuali oleh kalian sendiri (dienkripsi).

Nah untuk melihat dan mengatur pengaturan riwayat tempat-tempat apa saja yang pernah kalian kunjungi bersama dengan iPhone kalian, silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Lokasi Penting (disini kalian akan diminta untuk menverifikasi kepemilikan perangkat dengan Face ID atau Touch ID), jika sudah kalian akan menemukan riwayat tempat-tempat yang pernah kalian kunjungi.

Untuk menghapus riwayat-riwayat tersebut silahkan tap menu Bersihkan Riwayat


Selanjutnya kalian juga bisa menonaktifkan fitur riwayat lokasi tersebut, caranya silahkan matikan menu Lokasi Penting > Matikan


Mengutamakan Privasi?

Terakhir, jika memang mengutamakan privasi agar lokasi kalian tidak bisa dilacak oleh aplikasi apapun termasuk sistem iOS, kalian bisa menonaktifkan Layanan Lokasi pada Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.


Dengan mematikan layanan lokasi kalian tidak bisa menggunakan GPS sampai melacak keberadaan iPhone tersebut.

Admin sendiri menyarankan agar tetap menyalakan layanan lokasi dan mengatur sendiri aplikasi dan sistem apa saja yang diizinkan atau tidak diizinkan dalam menggunakan layanan lokasi.

Oke itu saja cara mengatur agar iPhone kalian agar terbebas dari lacakan dan tetap menjaga privasi semaksimal mungkin. Apabila ada infromasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!