Cara Mengurangi Animasi Gerakan & Transparansi di iPhone / iPad

Di iPhone, iPad dan iPod touch kalian bisa mengatur sendiri apakah ingin mengurangi Animasi  Gerakan Transisi, yaitu efek animasi gerakan (perpindahan) saat membuka atau menutup aplikasi, pusat kontrol, folder dll. begitu juga dengan Efek Transparansi, yaitu efek yang menampilkan latar aplikasi saat folder atau pusat kontrol di buka.


Bagi sebagian orang mungkin bosan dengan efek navigasi yang ada di iPhone sehingga ingin mencoba hal baru dengan mengurangi gerakan transisi tersebut, begitu juga dengan mengurangi Efek Transparansi yang akan memperjelas tampilan saat membuka pusat kontrol dan juga folder aplikasi.

Selain itu keduanya juga dapat membantu mempercepat kinerja animasi di iPhone, iPad dan iPod touch kalian, dalam artian bagi yang mengalami lag animasi (transisi) saat membuka aplikasi atau pusat kontrol, kedua fitur di atas dapat membantu mengurangi lag tersebut.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara mengaktifkan fitur Kurangi Gerakan dan Kurangi Transparansi di iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad.

Menonaktifkan efek Animasi Gerakan

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Gerakan

#3 : Lalu nyalakan fitur Kurangi Gerakan


Jika sudah silahkan lihat efeknya saat keluar dari aplikasi, membuka folder maupun mengakses pusat kontrol.

Menonaktifkan efek Transparansi

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks

#3 : Lalu nyalakan fitur Kurangi Transparansi dan Tambah Kontras


Jika sudah silahkan lihat tampilan pusat kontrol, folder aplikasi, menu pencarian dll.

Berikut adalah contoh tampilan dari efek mengurangin transpasi, Kiri Normal dan Kanan dengan Efek Transparansi :



Dengan efek gerakan yang baru animasi di transisi di iPhone kalian akan berjalan lebih mulus dan berbeda, selain itu efek pengurangan transparansi juga akan membuat tampilan yang tadinya memiliki efek transparan, menjadi lebih jelas dan mudah dilihat.

Bagiamana apakah kalian menggunakan kedua efek diatas? kalau ya apa perbedaan yang kalian sukai? kalau admin sendiri lebih menyukai efek pengurangan transparansi ya, meskipun admin sendiri tidak menggunakannya hehe.

Baik sekian informasi cara mengurangi gerakan animasi dan efek transparansi di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.