Bagaimana Cara Download & Install aplikasi Cydia di iPhone dan iPad?

Banyak pertanyaan yang seringkali admin dapatkan dari beberapa pengguna iPhone, iPad sampai iPod touch soal bagaimana cara download dan menginstall aplikasi Cydia di iOS iPhone maupun iPadOS iPad mereka.


Nah pada postingan kali ini admin akan menjelaskan caranya, namun sebelum itu perlu diketahui juga bahawa aplikasi Cydia tidak dapat di install sembarangan.

Cydia merupakan aplikasi yang bisa kita temukan terinstall pada iPhone, iPad, iPod touch hingga Apple TV, aplikasi Cydia ini berfungsi dan digunakan untuk memanajemen dan menginstall berbagai macam tweak (modifikasi sistem, tema, tampilan), aplikasi yang tidak ada di app store (contohnya emulator), menginstall cleaner dan masih banyak program lainnya.

Lalu Bagaimana Caranya Menginstall Aplikasi Cydia?

Untuk menginstall aplikasi Cydia iPhone kalian harus melewati proses yang namanya Jailbreak

Apa itu Jailbreak? Jailbreak / Jailbreaking (bahasa lainnya root), merupakan proses untuk membuka batas-batas keamanan yang ada pada (iOS, iPadOS, tvOS) iPhone, iPad, iPod touch hingga Apple TV. Tujuan dari Jailbreak agar iPhone dapat lebih leluasa di install dan di modifikasi ke berbagai macam hal yang tidak bisa mereka dapatkan saat menggunakan iPhone secara normal.

Apple sangat melarang proses yang namanya Jailbreak ini, sehingga Apple terus menerus memperbaiki celah keamanan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan akses jailbreak pada perangkatnya.

Jadi dari alasan-alasan yang sudah admin jelaskan di atas itulah mengapa aplikasi Cydia tidak dapat di install sembarangan, ingat aplikasi Cydia merupakan aplikasi yang dipaketkan bersamaan dengan proses Jailbreak, jadi ketika kalian sudah melakukan proses jailbreak maka aplikasi Cydia secara otomatis akan terinstall pada iPhone kalian sebagai aplikasi untuk memanajemen jailbreak itu sendiri.

Selain Cydia ada juga banyak alternatif aplikasi manajemen jailbreak lainnya setelah melakukan yang namanya proses jailbreak (biasanya tergantung melakukan jailbreak menggunakan program apa), contohnya ada Sileo dan Zebra.

Kesimpulan

Jadi jika kalian ingin menginstall aplikasi Cydia hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan melakukan Jailbreak, setelah proses jailbreak selesai maka aplikasi Cydia secara otomatis akan terinstall di iPhone, iPad maupun iPod touch kalian.

Untuk melakukan Jailbreak kalian bisa cari caranya pada blog ini gunakan tombol pencarian dan sesuaikan dengan versi iOS dan model perangkat yang kalian gunakan, atau cari secara manual melalui link berikut Update Jailbreak Terbaru. Ingat sesuaikan versi iOS dan model perangkat kalian sebelum melakukan jailbreak, baca baik-baik petunjuk jailbreak yang telah diinformasikan.