Cara Menggabungkan Video di iPhone / iPad dengan iMovie

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang ingin menggabungkan video (dua, tiga atau lebih, beberapa video menjadi satu), kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah menggunakan aplikasi iMovie.


Ya disini kita akan menggunakan aplikasi iMovie yang merupakan aplikasi editing video terbaik milik Apple (hanya tersedia bagi pengguna iOS dan Mac). Jadi bagi yang belum punya silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi iMovie (gratis) melalui App Store : Download iMovie

Jika sudah terinstall langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk menggabungkan video melalui iMoview.

Cara Menggabungkan Video (2 atau lebih) di iPhone / iPad Menggunakan iMovie

1. Pertama buka aplikasi iMovie lalu tap menu + (Buat Proyek) > Film kemudian pilih video pertama yang akan digabungkan lalu tap lagi Buat Film


2. Jika sudah masuk ke menu editing video sekarang silakan tap icon tanda tambah (+) yang ada disamping kiri tengah, contohnya bisa lihat gambar di bawah


3. Sekarang pilih lagi video yang akan digabungkan kemudian tap icon tanda (+)


4. Jika sudah sekarang video yang sudah dipilih pada langkah 3 diatas otomtis akan digabungkan dengan video pertama, sebelum diproses lebih lanjut kalian bisa mengedit dulu video tersebut, untuk mengubah efek transisi silakan tap icon yang ada diantara video.



Sebagai tambahan, apabila video menjadi zoom atau kotak kecil (tidak tampil full), silakan zoom video out video tersebut. Caranya tap pada panel video kemudian tap icon kaca pembesar pada preview video, kemudian silakan lakukan gerakan pinch/zoom out (tempelkan 2 jari pada dengan gerakan seperti mencubit). 

5. Jika sudah silakan tap menu Selesai (dipojok kiri atas), lalu pilih icon Tindakan (bawah tengah) kemudian Simpan Video dan pilih Resolusi Video yang diinginkan (semakin besar semakin bagus kualitasnya namun ukuran semakin membesar juga)


6. Terakhir silakan cek galeri Foto kalian dan lihat hasilnya.

Baik itu saja cara-cara menggabungkan Video di iPhone, iPad dan iPod touch, agar lebih menarik sebelum di simpan kalian bisa mengedit video tersebut, entah ditambahkan efek transisi, diberi efek musik dan lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir salah edit sebab video asli tidak akan berubah, hasil video yang di edit akan terpisah dari video aslinya.

Baik sekian informasi sederhana cara menggabungkan video di iPhone dan iPad melalui aplikasi iMovie. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.