Cara Mengunci Jaringan Sinyal 4G LTE di iPhone

Ada banyak pertanyaan yang sering kali admin dapatkan, terutama dari para pengguna iPhone tentang, apakah bisa mengunci jaringan 4G pada iPhone? apakah ada aplikasi untuk mengunci jaringan 4G pada iPhone? melihat dari pertanyaan tersebut mungkin maksud yang admin tangkap disini adalah, kalian ingin mengunci jaringan pada iPhone agar tetap terus pada jaringan 4G dan tidak berubah-ubah lagi.


Apakah ada Cara Mengunci Sinyal 4G (LTE) di iPhone?

Jika maksud kalian ingin menggunakan jaringan 4G terus-menerus, pertama-tama perlu diperhatikan apakah operator jaringan pada iPhone yang kalian gunakan sudah mendukung jaringan 4G (LTE)?

Sebagai catatan, jaringan sinyal 4G dan LTE merupakan 2 teknologi jaringan yang sama

Apabila jaringan operator / provider sudah mendukung jaringan 4G LTE, sekarang coba buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data lalu pilih jaringan LTE (atau 4G)


kalian bisa memilih LTE antara VoLTE Mati atau VoLTE Nyala (bebas)

Jika sudah sekarang kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan lalu nyalakan Mode Pesawat tunggu hingga beberapa detik kemudian matikan kembali, sekarang seharusnya jaringan pada iPhone kalian sudah menunjukan LTE atau 4G.


Bagaimana Jika Sinyal 4G (LTE) Terkadang Hilang? Adakah Cara Menguncinya?


Sinyal 4G / LTE yang sering hilang menandakan kualitas jaringan 4G yang kurang baik di area tersebut, kalian tidak bisa memaksa iPhone untuk terus-menerus menggunakan jaringan 4G (LTE), sebab mudah atau sulitnya mendapatkan sinyal 4G sangat tergantung pada kualitas jaringan provider / operator di area tempat kalian berada.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ada aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengunci jaringan 4G di iPhone? singkat saja, untuk saat ini belum ada aplikasi di iPhone yang dapat mengunci jaringan 4G (LTE) secara terus menerus, jadi stop membuang-buang waktu.

Jadi apabila ingin mendapatkan sinyal 4G terus menerus di iPhone kalian dengan tujuan agar internet menjadi lebih lancar dan jaringan kembali stabil, yang kalian bisa lakukan sementara adalah dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Tips Mudah Mendapatkan Jaringan 4G di iPhone

  • Cek apakah daerah kalian sudah tercakup jaringan 4G LTE dari provider / operator yang digunakan
  • Sesekali apabila jaringan mengalami kendala tidak stabil pada jaringan 4G LTE, silakan nyalakan Mode Pesawat selama beberapa detik kemudian matikan kembali
  • Pastikan kalian berada pada area yang lebih terbuka (biasanya jaringan 4G LTE sulit didapatkan di dalam gedung atau ruangan yang sangat tertutup)
  • Jika tetap sulit mendapatkan jaringan 4G solusi lainnya kalian bisa menggunakan jaringan WiFi untuk internet yang lebih stabil

Kesimpulan

Stabil atau tidaknya Sinyal Jaringan 4G pada iPhone, sangat bergantung pada kualitas jaringan yang disediakan oleh Operator yang kalian gunakan, iPhone akan terus berusaha mencari jaringan sebaik mungkin yang tersedia di area yang tempat kalian berada, namun semua kembali ke kualitas jaringan yang disediakan oleh operator di area tersebut.

Apabila kalian berada di kota-kota besar mungkin jaringan 4G LTE lebih mudah untuk didapatkan, sebaliknya apabila kalian berada di daerah-daerah yang belum tersentuh layanan 4G LTE mungkin kalian akan kesulitan mendapatkan jaringan 4G LTE dikarenakan memang jaringan yang belum sepenuhnya tersedia, kalian bisa menghubungi operator masing-masing untuk informasi lebih lanjutnya.