Penyebab Warna Baterai iPhone Menjadi Kuning

Bingung kenapa icon baterai pada iPhone berubah warna menjadi kuning? apa maksud dan penyebabnya? tidak perlu khawatir icon baterai pada iPhone (termasuk iPad dan iPod touch) yang berubah menjadi warna kuning disebabkan oleh Mode Daya Rendah.


Mode Daya Rendah pada iPhone berfungsi untuk membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang iPhone, guna menghemat penggunaan daya baterai. Mode Daya Rendah secara otomatis akan aktif ketika daya baterai kalian menyentuh angka di bawah 20%.

Nah icon Baterai yang berubah dari Hitam menjadi warna Kuning tersebutlah yang mengindikasikan bahwa Mode Daya Rendah (Low Power Mode) sedang dalam keadaan aktif.

  • Icon Baterai berwarna Hitam = Normal
  • Icon Baterai berwarna Kuning = Mode Daya Rendah

Menghilangkan Warna Kuning pada Baterai iPhone

Untuk menghilangkan tanda kuning tersebut kalian bisa melakukannya secara manual dengan menonaktifkan Mode Daya Rendah pada iPhone kalian, caranya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Melalui Pengaturan : silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Baterai lalu nonaktifkan menu Mode Daya Rendah


  • Melalui Pusat Kontrol : silakan buka Pusat Kontrol kemudian tap pada Icon Baterai 


Apabila tidak terdapat icon baterai pada pusat kontrol silakan tambahkan terlebih dahulu melalui menu aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol kemudian tap tanda (+) di samping menu Mode Daya Rendah, jika sudah cek kembali pusat kontrol pada iPhone.

  • Diisi daya (dicharge) : Mode Daya Rendah yang membuat icon baterai menjadi warna kuning otomatis akan dinonaktifkan ketika baterai pada iPhone telah diisi daya setidaknya sampai 80%.

Bagaimana apakah warna kuning pada baterai kalian sudah menghilang? sekarang sudah tahu kan fungsi dari indikator icon baterai iPhone yang berubah menjadi warna kuning?

Admin sendiri menyarankan kalian untuk membiarkan iPhone berada dalam mode daya rendah apabila memang daya baterai dalam keadaan sangat rendah, sebab mode daya rendah ini dapat menghemat penggunaan baterai cukup signifikan. 


Namun perlu diperhatikan bahwa mode daya rendah ini juga akan membatasi banyak aktivitas dilatar belakang iPhone dan mengurangi kecepatan maksimal CPU (menurunkan performa maksimal), semua tersebut dimaksudkan guna menekan penggunaan baterai serendah mungkin.