Jailbreak RootlessJB4 Dirilis untuk iOS 12.0 - 12.4.7 iPhone 5S - iPhone X

Salah satu developer jailbreak @_bplank baru saja merilis aplikasi jailbreak RootlessJB4 RC.2.0, yang merupakan aplikasi jailbreak Rootless bagi pengguna iOS 12.0 hingga iOS 12.4.7 iPhone 5S hingga iPhone X (Apple A7 - A11).


Seperti namanya Jailbreak RootlessJB4 ini mengusung jailbreak "rootless" yang tidak memiliki akses penuh terhadap file root atau file sistem iOS " / ", ini artinya jailbreak bisa dikatakan tidak penuh dan memiliki banyak batasan-batasan dibandingkan dengan jailbreak normal pada umumnya, selain itu RootlessJB4 ini hanya memiliki tingkat kesuksesan jailbreak (success rate) sebesar 5% saja, ini artinya kalian membutuhkan puluhan kali percobaan sebelum bisa masuk ke dalam mode jailbreak.

Batasan-batasan tersebut seperti banyak tweak yang tidak bisa diinstall (karena kebanyakan tweak membutuhkan akses ke file root) dan tidak memiliki aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia atau Sileo, jadi admin sendiri sebenarnya tidak menyarankan menggunakan RootlessJB4 ini kecuali kalian sudah mengetahui detail apa yang akan kalian dapatkan nantinya.


Secara bawaan aplikasi RootlessJB4 ini mempaketkan aplikasi File Manager Filza (file manajemen jailbreak) dan ReProvison (untuk memperpanjang sertifikat aplikasi pihak ketiga), sedangkan bagi yang ingin menginstall tweak atau aplikasi jailbreak sejenisnya, kalian bisa menggunakan file .deb atau melalui APT.

Cara Jailbreak menggunakan RootlessJB4

Ingat baca kembali ulasan di atas, RootlessJB4 merupakan aplikasi jailbreak "rootless" dan tidak memiliki akses penuh pada file sistem, sehingga kalian tidak akan menemukan aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia atau Sileo.

Kompatibilitas Jailbreak RootlessJB4 :

  • iOS 12.0 hingga iOS 12.4.7 untuk iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X

RootlessJB4 bersifat Semi-Untethered yang artinya aplikasi jailbreak akan otomatis habis masa aktifnya setelah 7 hari, gunakan ReProvision untuk memperpanjang ulang sebelum 7 hari atau gunakan kembali AltStore.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Penting!!! Backup seluruh data-data kalian sebelum melanjutnya, do it at your own risk!

#1 : Silakan install aplikasi AltStore di iPhone kalian, caranya silakan baca pada postingan berikut : Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak

AltStore merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk menginstall aplikasi dengan format .IPA (termasuk aplikasi jailbreak RootlessJB4 ini)

#2 : Setelah AltStore terinstall silakan download RootlessJB4.ipa melalui link berikut : https://github.com/brandonplank/rootlessJB4/releases/tag/2.0

#3 : Kemudian install RootlessJB4 tersebut menggunakan AltStore

#4 : Jika sudah silakan buka aplikasi RootlessJB4 kemudian tap tombol Jailbreak untuk memulai proses jailbreak

Ingat tingkat keberhasilan jailbreak hanya berkisar 5% saja, jadi apabila gagal silakan ulang terus menerus hingga berhasil memasuki mode jailbreak.

Jika sudah berhasil kalian akan menemukan aplikasi Filza, ReProvision dan iSuperSU terinstall pada iPhone kalian.

"Checkra1n" Alternatif Jailbreak Lainnya Selain RootlessJB4

Seperti yang sudah admin sampaikan di awal, sebenarnya admin sendiri tidak merekomendasikan jailbreak RootlessJB4, sebab disamping sukses rate yang kecil, tidak memiliki akses root full, bagi pengguna normal juga akan kesulitan memanajemen tweak-tweak yang terinstall apalagi banyak tweak yang tidak bisa di install dan harus berurusan dengan APT.

Jadi sebagai alternatifnya, kalian bisa menggunakan jailbreak Checkra1n yang merupakan jailbreak normal (full jailbreak dengan akses root dan aplikasi cydia), dengan sifat Semi-Tethered yang artinya membutuhkan komputer setiap kali ingin melakukan jailbreak ataupun jailbreak ulang.

Saat ini aplikasi Checkra1n sudah mendukung jailbreak iPhone 5S hingga iPhone X di semua versi iOS, kenapa semua versi iOS? sebab checkra1n menggunakan exploit hardware yang tidak bisa di tambal pada iPhone 5S hingga iPhone X, kalau begitu langsung saja bagi yang ingin jailbreak menggunakan Checkra1n silakan ikuti caranya pada postingan berikut : Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Baik itu saja informasi jailbreak RootlessJB4 iOS 12.0 hingga iOS 12.4.7 untuk iPhone 5S hingga iPhone X. Menurut kalian sendiri bagaimana soal RootlessJB4 ini? apakah kalian juga menggunakannya? berikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.