Apa Bedanya Jailbreak Biasa dengan Rootless Jailbreak?

Bagi pengguna iOS yang menyukai dunia jailbreaking pasti pernah mendengar jailbreak dengan istilah "Rootless Jailbreak", lalu apa sebenarnya Rootless Jailbreak ini dan apa bedanya dengan Jailbreak Normal yang biasa kita temukan?


Perbedaan Jailbreak Normal vs Rootless Jailbreak

  • Jailbreak Normal adalah jailbreak yang membuka akses penuh terhadap file Root (file sistem) pada iOS, kenapa akses terhadap file Root? sebab dengan memiliki akses penuh terhadap file Root kita dapat dengan bebas menginstall tweak yang membutuhkan akses modifikasi file sistem.

Keuntungan dari jailbreak normal ini tentu saja kalian bisa secara bebas memodifikasi dan mengintall tweak di iPhone kalian, namun kekurangannya seperti yang kita ketahui sendiri bahwa salah bermain-main dengan file sistem dapat membuat iOS berisiko memiliki masalah serius (bootloop), selain itu hampir semua aplikasi seperti banking tidak dapat di jalankan pada jailbreak normal ini.

  • Jailbreak Rootless adalah jailbreak yang sesuai dengan namanya, yaitu tidak membuka akses penuh terhadap file Root, jadi bagi kalian yang menggunakan jailbreak Rootless tidak akan dapat mengakses file Root " / " pada iOS, melainkan direktori paling jauh yang bisa kalian akses adalah folder " /var " saja.

Keuntungan dari jailbreak rootless ini adalah keamanannya, karena tidak memiliki akses file ke Root maka risiko kesalahan pada sistem iOS akan jauh lebih rendah selain itu banyak aplikasi banking yang masih bisa di jalankan bagi pengguna jailbreak rootless ini. Namun kekurangannya banyak tweak yang tidak bisa di jalankan pada rootless jailbreak, bahkan kalian tidak akan menemukan aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia atau Sileo, melainkan untuk menginstall tweak kalian dapat memanfaatkan APT yang mana cukup rumit bagi pengguna normal.

Kesimpulan...

Bisa di bilang Jailbreak Normal merupakan jailbreak dengan membuka akses penuh terhadap file sistem iOS, sedangkan Jailbreak Rootless tidak membuka akses penuh terhadap file sistem iOS.

Bagi pengguna yang menginginkan pengalaman penuh dalam menggunakan Jailbreak, tentu Jailbreak Normal adalah pilihan yang sangat tepat. Sedangkan bagi yang hanya ingin menginstall tema, aplikasi pihak ketiga dan lain sebagainya Rootless jailbreak bisa menjadi pilihan (meskipun admin sendiri tidak menyarankan untuk menggunakan Rootless jailbreak ini, kecuali jailbreak normal sedang tidak tersedia).

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Baik itu saja perbedaan singkat dan sederhana antara Jailbreak Normal / Biasa dengan Jailbreak Rootless, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.