Status Jailbreak iOS / iPadOS 13.6 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis pembaruan / update terbaru yaitu iOS 13.6 dan iPadOS 13.6 dengan membawa sejumlah fitur baru termasuk beberapa perbaikan. Sama seperti iOS sebelumnya yaitu iOS 13.5.1 status jailbreak pada iOS 13.6 saat ini hanya bergantung pada aplikasi Checkra1n saja.


Status Jailbreak iOS 13.6 dan iPadOS 13.6

Saat ini iOS 13.6 dan iPadOS 13.6 sudah bisa dilakukan Jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, namun hanya terbatas pada iPhone 6S / Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus dan iPhone X.

UPDATE - 21/11/20 : Aplikasi jailbreak "Odyssey" yang bersifat Semi-Untethered, telah Mendukung Jailbreak Semua Perangkat dengan iOS 13.0 hingga iOS 13.7, caranya silakan baca pada postingan berikut: https://www.pukeva.com/2020/11/odyssey-rilis-jailbreak-ios-13-137-cara.html

Sekilas tentang aplikasi Checkra1n, adalah aplikasi jailbreak bersifat Semi-Tethered yang dibuat berdasarkan exploit checkm8. Exploit tersebut ditemukan secara permanen terdapat pada hardware pada perangkat iPhone 5S hingga iPhone X, karena itulah mengapa iPhone 5S hingga iPhone X bisa melakukan jailbreak pada semua versi iOS yang digunakan, karena celah keamanan yang berdasarkan hardware tersebut tidak dapat ditambal oleh update iOS versi berapapun.

Kekurangan dari aplikasi Checkra1n selain bersifat Semi-Tethered (yang mana membutuhkan komputer untuk jailbreak atau melakukan jailbreak ulang), saat ini versi Windows dari aplikasi Checkra1n belum juga tersedia (akan tersedia untuk waktu yang tidak pasti kedepannya), Checkra1n hanya dapat dijalankan bagi pengguna Linux dan MacOS saja, sehingga tidak semua orang dapat melakukan jailbreak dengan mudah semudah jailbreak pada umumnya.

Sedangkan bagi pengguna iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE 2020 yang menggunakan iOS 13.6, saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia. Jailbreak terakhir yang tersedia untuk iPhone tersebut hanyalah Unc0ver dan Oddysey pada iOS 13 - 13.5 (13.5.5beta1).

Update tfp0 untuk iOS 13.6 ditemukan! (tfp0 merupakan salah satu exploit penting yang dibutuhkan untuk membuat jailbreak)


Tweet diatas menunjukkan salah satu peneliti keamanan berhasil menemukan tfp0 pada iOS 13.6. Ini pertanda baik bagi yang mengiginkan jailbreak untuk iOS 13.6.

Tutorial Jailbreak?

Bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone X yang menggunakan iOS 13.6 dan ingin melakukan jailbreak, kalian bisa menggunakan aplikasi Checkra1n Semi-Tethered, baca caranya pada link berikut : Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Sedangkan bagi pengguna iPhone Xr atau lebih baru yang menggunakan iOS 13.6, harap bersabar untuk menunggu informasi ketersediaan jailbreak selanjutnya, untuk saat ini pastikan untuk tetap berada pada versi iOS serendah mungkin apabila memang benar-benar mengiginkan jailbreak