Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp di iPhone Tidak Muncul & Bunyi

Bagi kalian pengguna iOS iPhone, iPod touch maupun iPadOS iPad yang mengalami masalah pada notifikasi di aplikasi WhatsApp, yang mana tampilan banner notifikasi dan bunyi suaranya tidak muncul ketika pesan masuk, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.


Pastikan Suara iPhone Tidak dalam Kondisi Diheningkan / Silent

Khusus yang mengalami pada suara notifikasi masuk, pastikan suara pada iPhone kalain sedang tidak dinonaktifkan / diheningkan. Untuk memeriksanya silakan pastikan tombol switch yang berada disamping kiri atas iPhone dalam keadaan dinonaktifkan (berwarna orange berarti silent aktif), atau besarkan suara pada iPhone kalian secara manual. Bagi yang menggunakan assistive touch bisa masuk ke menu Perangkat > Bunyikan.

Restart iPhone

Cara penanganan pertama silakan coba restart iPhone kalian atau sederhananya silakan dimatikan kemudian nyalakan kembali. Apabila tidak berhasil juga lanjutkan cara-cara di bawah berikut.

Cek Pengaturan Notifikasi aplikasi WhatsApp

Silakan cek apakah pengaturan Pemberitahuan / Notifikasi pada aplikasi WhatsApp kalian sudah dalam kondisi menyala atau aktif. Caranya silakan:

1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Pengaturan

2. Jika sudah tap menu Pemberitahuan lalu pastikan menu Tampilkan Pemberitahuan dalam keadaan aktif dan suara pemberitahuan pada menu Bunyi telah dipilih (apabila dalam status tidak ada silakan pilih terlebih dahulu suara pemberitahuan yang diinginkan)


3. Atau untuk lebih mudahnya agar tidak perlu repot-repot mengatur lagi, langsung saja tap menu Atur Ulang Pengaturan Pemberitahuan > Atur Ulang

Pastikan Kontak Tidak Dibisukan / Silent

Selanjutnya pastikan kontak yang tidak masuk notifikasinya tersebut tidak dalam keadaan dibisukan / silent. Cara mengetahuinya adalah terdapat icon audio dicoret seperti yang ditunjukan gambar berikut:


Apabila memang seperti itu, silakan nonaktifkan pembisuan pada kontak tersebut dengan cara menyeret menu kontak tersebut ke arah kiri lalu pilih menu Lainnya jika sudah tap menu Bunyikan


Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Selanjutnya kalian juga bisa mencoba untuk menonatifkan mode daya rendah pada iPhone, entah melalui pusat kontrol atau melalui aplikasi Pengaturan > Baterai.

Nonaktifkan mode Jangan Ganggu

Apabila kalian menggunakan mode Jangan Ganggu silakan nonaktifkan mode tersebut terlebih dahulu, sebab dalam beberapa kasus mode tersebut akan memblokir notifikasi yang masuk pada iPhone kalian termasuk notifikasi dari WhatsApp.

Cara menonaktifkannya silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Jangan Ganggu lalu nonaktifkan menu Jangan Ganggu.


Aktifkan Segarkan App di Latar

Menu atau fitur Segarkan App di Latar berfungsi untuk mengizinkan aplikasi untuk dapat berjalan dan menerima pemberitahuan saat sedang tidak digunakan. Hal ini akan membantu aplikasi WhatsApp dalam mengirim ataupun menerima notifikasi.

Silakan aktifkan menu Segarkan App di Latar melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Pastikan Tanggal iPhone sudah Benar

Selanjutnya pastikan pengaturan tanggal dan waktu pada iPhone kalian sudah diatur dalam kondisi yang benar. Untuk mengatur tanggal dan waktu silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu. Untuk memastikan tanggal dan waktu diatur dengan benar kalian bisa mengaktifkan menu Atur Secara Otomatis.


Nonaktifkan VPN (jika ada)

Apabila jaringan di iPhone kalian menggunakan VPN silakan dinonaktifkan terlebih dahulu melalui menu Pengaturan > Umum > VPN.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil kalian bisa mencoba mereset Pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan awal (tanpa menghapus data). Jika berminat kalian bisa melakukannya melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Install Ulang aplikasi WhatsApp

Terakhir pertimbangkan juga untuk menginstall ulang aplikasi WhatsApp dengan cara dihapus kemudian diinstall kembali. Namun sebelum melakannya pastikan kalian sudah membackup chat dan media penting pada aplikasi WhatsApp.

Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya dengan mengikuti salah satu cara-cara di atas masalah notifikasi pada aplikasi WhatsApp kalian sudah berhasil teratasi ya, hehe.

Baik itu saja cara-cara mengatasi notifikasi WhatsApp di iPhone yang tidak muncul dan tidak keluar suara / bunyi. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan silakan langsung saja masukan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.