Cara Transfer / Backup Data iPhone ke PC Tanpa Kabel Data

Biasanya untuk melakukan transfer atau membackup data dari iPhone, iPad maupun iPod touch ke dalam PC (komputer atau laptop), kita membutuhkan kabel data yang akan dihubungkan langsung antara iPhone dan PC.


Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan cara untuk melakukan transfer data antara iPhone kalian dengan komputer tanpa harus melalui kabel data. Memang bisa? tentu saja bisa, disini kita akan menggunakan aplikasi 3uTools yang memanfaatkan sambungan WiFi sebagai sambungan untuk melakukan proses transfer data antara iPhone dengan Komputer.

Bagaimana caranya? langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Transfer / Backup Data iPhone ke PC Tanpa Kabel

Pertama-tama perlu diperhatikan bahwa cara ini tetap membutuhkan sambungan kabel data hanya untuk pertama kali atau satu kali saja, selebihnya kalian dapat melanjutkan tanpa sambungan kabel data.

Siapkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  • Komputer atau Laptop (saat ini hanya mendukung Windows saja)
  • Koneksi Internet Wi-FI
  • Kabel Data Sambungan (untuk satu kali penggunaan saja selebihnya tidak diperlukan lagi)

Jika sudah siap silakan lanjutkan langkah berikut:

#1 : Silakan download dan install aplikasi 3uTools, pastikan aplikasi iTunes sudah terinstall juga


#2 : Sekarang hubungkan iPhone dengan komputer atau laptop kalian ke jaringan WiFi yang sama

#3 : Jika sudah sekarang sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data

#4 : Selanjutnya pada aplikasi 3uTools silakan klik menu Toolbox lalu Accessibility



#5 : Kemudian nyalakan menu Wi-Fi Connection


#6 : Jika sudah pastikan layar iPhone kalian tetap dalam kondisi menyala, lalu cabut kabel penghubung dari iPhone ke komputer

#7 : Tunggu sekitar 10 - 15 detik dan apabila berhasil maka aplikasi 3uTools akan mendeteksi iPhone kalian, namun jika tidak silakan tutup aplikasi 3uTools lalu buka kembali atau silakan restart komputer kalian dan ulangi langkah ke #5 di atas

#8 : Sekarang apabila sambungan sudah berhasil, pada aplikasi 3uTools silakan masuk ke menu iDevice lalu gunakan menu dibagian samping aplikasi untuk melakukan transfer data


Selama sambungan berlangsung pastikan layar pada iPhone kalian tetap dalam keadaan menyala atau aktif, jika tidak sambungan akan terputus. Cepat atau lambatnya transfer data bergantung pada kualitas jaringan WiFi yang digunakan.

Bagaimana menurut kalian? sangat membantu bukan?

Baik itu saja cara-cara melakukan transfer atau backup data dari iPhone, iPad ataupun iPod touch ke dalam PC (komputer atau laptop) tanpa menggunakan sambungan kabel. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.