Cara Mengatur Face ID iPhone saat Memakai Masker

Face ID merupakan teknologi keamanan canggih yang menggunakan wajah penggunanya sebagai kunci untuk membuka iPhone maupun iPad. Teknologi Face ID ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone X hingga iPhone terbarunya saat ini.


Saat postingan ini ditulis dunia sedang dilanda wabah virus covid-19 yang mana seluruh orang wajib menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. Sayangnya ketika kalian sedang menggunakan masker Face ID tidak dapat mengenali dan memverifikasi wajah kalian.

UPDATE!!! Apple secara resmi merilis fitur untuk membuka Face ID iPhone dengan Masker. Selengkapnya: Cara Atur Face ID iPhone dengan Memakai Masker

Nah, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengatur Face ID agar dapat berjalan dan mengenali wajah kalian meskipun sedang menggunakan masker. Bagaimana keren kan? baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Masker di Memoji iPhone / iPad iOS 14

Cara Mengatur Face ID iPhone saat Memakai Masker

Perhatian! meskipun kalian dapat mengatur Face ID saat sedang menggunakan masker, namun untuk kehandalan saat pendeteksian mungkin bisa saja mengalami kegagalan alias tidak dapat mendeteksi wajah dengan baik sebaik saat tidak menggunakan masker, namun dari apa yang admin coba cara ini cukup bisa diandalkan. Selain itu penting juga diperhatikan cara ini hanya berlaku bagi pengguna masker setengah wajah (tidak penuh).

Jika sudah siap langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Face ID & Kode Sandi

2. Selanjutnya silakan tap menu Atur Penampilan Alternatif


3. Sebelum menekan menu Mulai, silakan pakai masker kalian dan atur posisinya hingga menutup setengah wajah (dilipat saja maskernya), boleh sebelah kiri atau kanan


4. Jika sudah silakan tap menu Mulai dan lakukan proses scan / pemindaian wajah dengan setengah wajah tertutup masker tadi tadi, apabila gagal silakan geser sedikit masker ke arah samping agar area diwajah sedikit terbuka

5. Apabila berhasil, untuk proses pemindaian yang kedua silakan ulangi langkah ke #4 di atas namun tukar posisi masker ke arah yang berlawanan

6. Terakhir apabila sudah berhasil silakan coba pakai masker kalian secara penuh dan lihat hasilnya

Bagaimana apakah sudah berhasil? meskipun cara-cara di atas terbilang cukup rumit, namun tidak ada salahnya mencobanya agar kalian tidak harus memasukan password secara manual hanya untuk menggunakan iPhone.

Apalagi jika memasukan password di area publik rentan seseorang melihat apa pin password pada iPhone kalian sehingga mungkin rentan menjadi incaran? who knows.

Baca Juga : Cara Mengganti Password iPhone dengan Kombinasi Huruf & Angka

Baik itu saja cara-cara mengatur Face ID pada iPhone dan iPad saat sedang memakai masker. Mungkin terlihat sedikit merepotkan namun di saat pandemi covid-19 trik ini akan sangat membantu kalian untuk membuka iPhone saat sedang berada di luar rumah.