Cara Mengatasi A Device Attached to The System is Not Functioning pada iPhone / iPad

Menurut laporan ada beberapa pengguna iPhone dan iPad yang mengalami masalah ketika ingin melakukan transfer data (foto atau video) ke komputer khususnya yang menggunakan Windows 10, dengan pesan error "A Device Attached to The System is Not Functioning".


Apabila kalian adalah salah satu pengguna iPhone ataupun iPad yang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Install atau Update aplikasi iTunes

Apakah aplikasi iTunes sudah terinstall di komputer kalian? jika belum silakan download dan install terlebih dahulu melalui link berikut: https://www.apple.com/id/itunes/

Namun apabila iTunes sudah terinstall kalian bisa coba mengupdatenya ke versi terbaru dengan cara klik pada menu Help > Check for Updates.


Atur Pengaturan Foto ke Pertahankan yang Asli

Dimulai dari iOS 11 secara otomatis foto yang di transfer dari iPhone kalian ke dalam komputer akan diubah formatnya dari HEIC menjadi JPG. Dimana dalam beberapa kasus tertentu proses pengubahan / converting foto tersebut dapat menyebabkan Error seperti yang sedang kalian alami sekarang.

Untuk mengatasinya langsung saja buka iPhone kalian kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Foto lalu ubah dari Otomatis menjadi Pertahankan yang Asli atau Keep Originals.

Atur Ulang Pengaturan Lokasi dan Privasi

Saat pertama kali iPhone dihubungkan ke dalam komputer biasanya kalian akan diminta untuk mempercayai (trust) sambungan ke komputer tersebut atau tidak. Dalam beberapa kasus apabila kalian tidak sengaja menekan tombol untuk jangan dipercaya, silakan atur ulang pengaturan tersebut melalui iPhone kalian.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Lokasi & Privasi.


Setelah itu silakan hubungkan ulang iPhone kalian ke komputer dan apabila diminta untuk mempercayai komputer tersebut pilih saja Percayai dan lihat kembali hasilnya.

Gunakan Lubang Port USB yang Lainnya

Kalian juga bisa mencoba memindahkan konektor kabel data iPhone yang ada terhubung ke komputer ke lubang port USB yang lainnya. Biasanya cara ini akan memperbaiki apabila konektor USB pada komputer ternyata tidak pas, kendur atau bermasalah.

Gunakan Kabel Data Lainnya

Kabel data yang terhubung ke iPhone kalian bisa saja yang menjadi penyebabnya entah karena sudah berusia dan mulai bermasalah. Jika tersedia silakan gunakan kabel data lainnya atau hubungkan ke komputer yang berbeda dan lihat hasilnya.

Restart Komputer dan iPhone

Untuk memastikan tidak ada bug diantara komputer atau iPhone kalian yang menyebabkan error tersebut, silakan restart komputer dan iPhone kalian.

Untuk pengguna iPhone kalian bisa menggunakan cara dimatikan seperti biasa lalu dinyalakan kembali atau gunakan metode Force Restart:

  • iPhone 8, Xr, Xs, 11, SE 2020 atau lebih baru
(lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart

  • iPhone 7 dan 7 Plus
Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

  • iPhone 6S, 6, 5S atua lebih lama
Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Update iOS pada iPhone ke Versi Terbaru

Terakhir kalian bisa mencoba melakukan update pada iOS di iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silakan siapkan koneksi WiFi dan baterai pada iPhone minimal 50%, kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila tersedia pembaruan silakan lakukan download dan install (update).

Baca Juga : Cara Mengatasi Foto iPhone Blur Disertai Tanda Seru

Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya dengan mengikuti salah satu cara di atas masalah sudah bisa teratasi. Namun jika masih belum bisa juga, kalian bisa memastikan kesalahan dengan mencoba menghubungkan iPhone tersebut ke komputer lainnya. Apabila berhasil kemungkinan terdapat masalah pada komputer yang sebelumnya. Pada komputer Windows silakan update OS kalian ke versi terbaru yang tersedia melalui panel Settings > Update & Security > Windows Update.

Untuk saat ini masalah tersebut sepertinya hanya ditemukan bagi pengguna Windows saja dan tidak untuk Mac.

Baik itu saja cara-cara mengatasi pesan error A Device Attached to The System is Not Functioning pada iPhone saat melakukan transfer data (foto atau video). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.