Cara Mengirim Aplikasi atau Game di iPhone Melalui AirDrop

Di iOS / iPadOS iPhone dan iPad kalian dapat menggunakan fitur AirDrop untuk mengirimkan aplikasi ataupun games ke sesama pengguna iPhone lainnya, eits namun tunggu dulu, jangan berharap kalau aplikasi yang kalian kirimkan benar-benar langsung dapat diterima dan digunakan oleh si penerima, tidak!


Nyatanya untuk saat ini aplikasi atau games yang kalian bagian menggunakan AirDrop hanya sebatas "Link"nya saja, jadi si penerima mau tidak mau harus mendownload sendiri aplikasi yang dikirimkan (itupun kalau aplikasinya gratis), kalau berbayar ya maka si penerima juga harus membayar aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Mengirim Video Durasi Panjang di Status WhatsApp iPhone

Jadi bagi yang berharap bahwa AirDrop dapat mengirimkan aplikasi / games beserta data-datanya (dengan maksud agar si penerima tidak perlu download apalagi membeli lagi) maka tentu saja cara ini akan sia-sia untuk dilanjutkan, setidaknya sampai Apple benar-benar memberikan fitur yang dapat digunakan untuk mengirimkan aplikasi tanpa download lagi layaknya perangkat Android.

Bagi yang ingin melanjutkan langsung saja ikuti caranya di bawah berikut.

Cara Mengirim Aplikasi di iPhone Melalui AirDrop

Ingat! menggunakan cara ini akan mengirim linknya saja dan si penerima perlu mendownload ulang aplikasi tersebut (kalau berbayar maka harus dibeli lagi lah) hehe..

#1 : Pertama pastikan kalian telah terhubung ke jaringan WiFi dan jangan lupa nyalakan juga koneksi Bluetooth

#2 : Jika sudah untuk kedua iPhone (antara si pengirim dan si penerima) langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > AirDrop

Bisa juga melalui Pusat Kontrol lalu tap pada menu konektivitas kemudian pilih AirDrop

#3 : Kemudian apabila si pengirim atau si penerima ada di kontak iPhone kalian silakan pilih Hanya Kontak namun jika tidak pilih saja Semua Orang


#4 : Selanjutnya langsung saja pilih aplikasi yang ingin dikirimkan dengan cara tap dan tahan pada icon aplikasi tersebut

#5 : Jika sudah tap menu Bagikan App


#6 : Selanjutnya pilih menu AirDrop kemudian tap pada iPhone si penerima


#7 : Sekarang secara otomatis aplikasi tersebut (linknya) akan dikirimkan ke si penerima dan si penerima perlu mendownload lagi aplikasi tersebut

#8 : Terakhir apabila telah selesai silakan ubah kembali pengaturan AirDrop menjadi Penerimaan Mati

Nah bagaimana menurut kalian? untuk saat ini belum ada metode yang dapat digunakan untuk mengirimkan aplikasi di iPhone secara utuh (beserta data-datanya) ke pengguna lainnya. Mereka perlu mendownload ulang setiap aplikasi yang dikirimkan menggunakan metode AirDrop ini, jika berbayar? tentu harus dibeli juga :)

Bahkan dalam beberapa kasus ada aplikasi (mungkin yang berbayar) tidak mengizinkan aplikasinya untuk dibagikan. Ya mau-tidak-mau kalian perlu menyalin linknya kemudian mengirimkannya secara manual.


Satu lagi, fitur AirDrop ini sangatlah berguna jika kalian ingin mengirimkan Foto atau Video, apalagi jika ingin mengirimkannya sekaligus dalam jumlah banyak. Selain itu fitur Live Photo ataupun kualitas dari foto tidak ada yang berubah jika dikirimkan menggunakan AirDrop.


Baik itu saja informasi cara mengirim aplikasi di iPhone melalui AirDrop, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)