Cara Mengirim File Dokumen di iPhone Menggunakan AirDrop (Bluetooth)

AirDrop adalah salah satu fitur di iPhone, iPad dan iPod touch yang bisa kalian gunakan untuk mengirimkan berbagai macam file secara cepat seperti foto, video sampai file apapun yang tersimpan di aplikasi File dalam iPhone kalian. Namun perlu di catat, fitur AirDrop ini hanya berlaku bagi sesama pengguna perangkat Apple saja. Jadi jika kalian berniat untuk mengirimkan file dari iPhone ke perangkat lainnya, maka jawabannya adalah tidak bisa.


Nah pada postingan kali ini admin akan memberikan tutorial mudah, cara mengirimkan berbagai macam file dari iPhone kalian ke sesama pengguna perangkat Apple menggunakan fitur AirDrop. Cara ini mencakup cara mengirimkan file foto dan video dari dalam galeri, hingga berbagai macam file yang ada pada aplikasi File iPhone kalian ke sesama pengguna iPhone.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Mengatur Koneksi AirDrop

Sebelum melanjutkan perlu diperhatikan :

  • AirDop menggunakan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk mengirimkan file ataupun menerima, jadi pastikan kalian dan penerima sudah terhubung ke jaringan WiFi dan menyalakan Bluetooth
  • Apabila si penerima tidak ada di kontak iPhone si pengirim, maka si penerima harus mengatur penerimaan AirDrop ke " Semua Orang " caranya buka pusat kontrol kemudian tap dan tahan sembarang tempat pada panel menu Konektivitas, kemudian tap dan tahan pada icon AirDrops dan pilih menu " Semua Orang ".


Cara Mengirimkan File Menggunakan AirDrop

#1 : Cari file yang akan dikirim ( bisa foto, video ataupun berbagai macam file dokumen dari aplikasi File )

#2 : Jika sudah tap tombol berbagi, contohnya bisa kalian lihat gambar berikut

*menu berbagi di galeri foto ada dipojok kiri bawah*

*menu berbagi di aplikasi File silahkan tap dan tahan pada file kemudian pilih bagikan*

#3 : Jika sudah tap pada target yang ingin dibagikan (jika tidak ada tap menu AirDrop kemudian pilih secara manual, jika masih tidak ada juga pastikan kalian sudah mengatur airdrop si penerima ke mode " semua orang ", silahkan baca lagi cara mengatur koneksi AirDrop di atas)


#4 : Selanjutnya di perangkat si penerima akan muncul notifikasi untuk menerima file, silahkan tap Terima / Accept. Khusus untuk yang mengirimkan file dokumen tertentu, silahkan tap menu File untuk menyimpan dokumen yang di kirimkan ke aplikasi File.


Sekarang cek file yang sudah dikirim, sebagai tambahan apabila si penerima sudah berada di kontak kalian dan sebelumnya pernah berbagi file menggunakan AirDrop juga, kemungkinan besar kalian tidak akan melihat menu untuk mengkonfirmasi penerimaan file, setidaknya prosesnya menjadi lebih cepat :)

Setelah semua selesai kalian bisa mematikan fitur AirDrop dengan memilih menu Penerimaan Mati pada pengaturan AirDrop.

Baik, sekian informasi cara berbagi file menggunakan AirDrop di iPhone, iPad maupun iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!