Cara Mengatasi Kesehatan Baterai iPhone SE 2 Cepat Menurun

iPhone SE 2 merupakan salah satu deretan iPhone terbaru milik Apple yang dirilis pada tahun 2020 untuk menggantikan iPhone SE generasi pertama. Menggunakan desain lama dengan tombol home, sidik jari dan bezel besar, membuat iPhone SE 2 menjadi salah satu smartphone favorit pengguna yang menginginkan iPhone model lama, namun memiliki performa yang kencang dan kamera yang cukup bagus.


Nah salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan juga adalah Baterai, iPhone SE 2 sendiri dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1821 mAh. Yang mana menurut Apple daya tahan baterai pada iPhone SE 2 sama seperti daya tahan baterai pada iPhone 8, mengingat keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama.

Namun karena kecilnya kapasitas baterai yang dibawa, banyak pengguna mengeluhkan kesehatan baterai ( kapasitas maksimum ) pada iPhone SE 2 ( 2020 ) yang cepat menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Utama Kesehatan Baterai iPhone SE 2 Cepat Menurun

> Mengisi Daya Sambil Diisi Daya

Sering mengisi daya iPhone sambil dimainkan? sekarang tinggalkan kebiasaan ini dan mulailah membiarkan iPhone mengisi daya terlebih dahulu sebelum digunakan. Sebab ketika iPhone diisi daya sambil dimainkan, komponen baterai akan bekerja ekstra sehingga menghasilkan panas yang berlebih. Panas inilah yang dapat membuat daya tahan baterai lebih cepat menurun.

> Suhu iPhone Sering Panas

Perlu diketahui, penyebab utama kesehatan baterai iPhone yang cepat menurun adalah " Panas / Overheat ". Bahkan Apple sendiri memberikan pernyataan baterai yang sering terkena panas secara berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

> Membiarkan iPhone Kehabisan Daya Hingga Benar-Benar Kosong

Sering menggunakan iPhone hingga mati karena baterai sudah benar-benar habis? ya, hal ini berdampak besar juga pada kesehatan baterai. Baterai sendiri merupakan komponen yang rumit, dan dalam beberapa penelitian, membiarkan baterai iPhone kosong hingga benar-benar kosong, dapat membuat baterai kehilangan kapasitas aslinya secara perlahan-lahan.

> Membiarkan iPhone Diisi Daya Semalaman

Hampir sama seperti diatas karena rumitnya komponen pembentuk baterai, dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa mengisi daya baterai iPhone hingga penuh dan membiarkannya berjam-jam, dapat membuat baterai kehilangan daya tampungnya secara perlahan. Hal ini sendiri sudah dibuktikan sendiri oleh Apple dengan memberikan fitur Pengoptimalan Baterai dimana baterai akan diisi daya hingga 80% saja dalam waktu dan kondisi tertentu.

> Menggunakan Charger Tidak Asli

Menggunakan charger tidak asli juga menjadi salah satu penyebab kesehatan baterai iPhone yang cepat menurun. Disamping arus daya yang terkadang tidak stabil, penggunaan charger palsu juga berisiko membuat baterai mudah rusak bahkan dalam kasus tertentu meledak karena panas.

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Baterai Agar Tidak Cepat Menurun

Untuk menjaga agar kesehatan baterai bisa lebih awet tahan lama alias tidak cepat menurun, kalian bisa menerapkan beberapa hal berikut :

  • Pastikan selalu menggunakan charger yang asli
  • Hindari menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari menggunakan iPhone pada suhu sekitar / ruangan yang panas
  • Isi daya baterai iPhone jika sudah hampir menyentuh 20%
  • Isi daya baterai iPhone hingga 80% saja jika tidak dalam keadaan mendesak
  • Lepas case apabila sedang mengisi daya untuk menghindari panas berlebih
  • Gunakan kecerahan otomatis pada layar untuk mengurangi penggunaan baterai dan menghindari panas berlebih
  • Gunakan mode daya rendah untuk menghemat penggunaan baterai
  • Rutin melakukan update ke iOS versi terbaru
  • Nonaktifkan fitur Segarkan App di Latar untuk mengurangi penggunaan baterai, caranya buka Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar
  • Gunakan Fetch email secara manual, caranya buka Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual
  • Nonaktifkan Layanan Lokasi apabila tidak digunakan melalui Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi
  • Kurangi waktu kunci layar di iPhone, caranya masuk ke Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis
  • Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis, caranya masuk ke Pengaturan > iTunes & App Store

Dengan menerapkan tips dan trik diatas, kalian dapat membantu membuat kesehatan baterai menjadi lebih awet. Dalam kasus tertentu apabila kesehatan baterai sudah sangat buruk ( dibawah 70% ), sebaiknya mengganti komponen baterai dengan yang baru.

Baik sekian informasi cara menjaga kesehatan baterai iPhone SE 2 ( 2020 ) agar tidak cepat menurun. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!