Cara Auto Touch / Clicker di iPhone dan iPad

Auto Touch, Auto Tap, Auto Clicker atau Sentuh Otomatis adalah salah satu trik yang digunakan untuk menyentuh layar tanpa harus menyentuhnya langsung dengan jari, jadi layar akan tersentuh sendiri sesuai dengan perintah ( script ) yang sudah kita tentukan sebelumnya. Auto Touch ini bisanya digunakan untuk kepentingan bermacam-macam, seperti misalnya farming dalam game, demonstrasi aplikasi ( yang harus dilakukan berulang-ulang ) dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan pengguna.


Nah bagi pengguna iOS atau iPadOS : iPhone, iPad dan iPod touch kalian bisa melakukan Auto Touch diperangkat kalian, namun syaratnya seperti judul diatas perangkat kalian sudah harus dalam keadaan Jailbreak. Jika berniat untuk jailbreak kalian bisa cari caranya sesuai dengan iOS yang kalian gunakan melalui blog ini ( tombol cari ada dipojok kanan atas 😁 ).

Baik, saya anggap iPhone, iPad atau iPod touch kalian sudah dalam keadaan ter-Jailbreak. Kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut ini untuk menginstall aplikasi ( tweak ) Auto Touch.

Cara Auto Touch ( clicker ) di iPhone, iPad dan iPod touch

Disini kita akan menginstall tweak / aplikasi bernama " Auto Touch " melalui aplikasi manajemen jailbreak, Cydia atau Sileo. Hingga saat postingan ini ditulis tweak ini sudah mendukung perangkat yang menggunakan iOS 10 hingga iOS 13.

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi manajemen jailbreak yang kalian gunakan, entah Cydia atau Sileo

#2 : Setelah itu pada menu Search, kemudian cari tweak dengan kata kunci AutoTouch besutan Kent Krantz

#3 : Jika sudah tap Install, tunggu hingga prosesnya selesai dan tap Restart Springboard jika diperintahkan


#4 : Sekarang buka aplikasi Auto Touch yang sudah terinstall di layar depan iPhone kalian

#5 : Langkah selanjutnya biarkan aplikasi Auto Touch tetap terbuka, kemudian silahkan cari aplikasi atau apapun itu yang ingin di Auto Touch

#6 : Jika sudah, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Bawah untuk menampilkan menu Auto Touch

*Secara bawaan untuk mengaktifkan auto touch kalian hanya perlu menekan tombol Volume Bawah

#7 : Kemudian tap menu REC untuk memulai perekaman script auto touch / sentuhan pada layar


#8 : Setelah menekan tombol REC akan muncul peringatan Recording Started!


#9 : Sekarang silahkan sentuh bagian layar yang nantinya akan dijadikan script auto touch / disentuh otomatis

#10 : Jika sudah tekan dan tahan lagi tombol Volume Bawah untuk menghentikan perekaman script auto touch


#11 : Jika sudah sekarang keluar dan buka kembali aplikasi Auto Touch

#12 : Kemudian masuk ke menu Records lalu tap icon (i) disamping nama script yang baru saja tadi kalian buat kemudian tap pada menu Playing Settings, contohnya bisa kalian lihat gambar di bawah


Supaya tidak lupa kalian dapat menamakan Script yang baru saja kalian buat melalui menu Rename

#13 : Sekarang silahkan atur bagaimana script tersebut berjalan, misalnya menu Times adalah satuan untuk mengukur seberapa kali script akan diulang, Interval(s) adalah jeda waktu diantara pengulangan script dan Speed adalah kecepatan sentuh dari script tersebut.


Optional saja boleh diikuti boleh tidak, menu Trigger with Activator sendiri dapat kalian gunakan sebagai pengganti tombol default ( volume bawah ) untuk mengaktifkan Auto Touch, syaratnya kalian harus sudah memiliki tweak Activator. Sedangkan menu Auto Launch berfungsi utnuk menjalankan aplikasi Auto Touch setelah iPhone direstart / mati.

#14 : Jika sudah diatur sesuai keinginan silahkan tap Done

#15 : Sekarang kembali lagi ke aplikasi yang tadi sudah kalian atur untuk di auto touch

#16 : Kemudian tekan dan tahan kembali tombol Volume Bawah hingga muncul menu seperti gambar berikut, lalu silahkan nyalakan terlebih dahulu pengaturan yang tadi sudah dibuat ( contoh gambar 1 ) kemudian pilih folder Records ( gambar 2 ) lalu tap lagi file Script untuk menjalankan Script ( gambar 3 )


#17 : Jika sudah file Script Auto Touch otomatis akan berjalan sesuai dengan yang sudah kalian atur sebelumnya ( Playing Started! )


#18 : Untuk menghentikan Script cukup tekan dan tahan kembali tombol Volume Bawah hingga muncul menu ( Playing Finished! )


Semua Script yang kalian buat akan tersimpan pada aplikasi AutoTouch > Records

Bagaimana? cukup panjang kan caranya? hehe.. sebenarnya tidak panjang-panjang amat, namun sengaja admin tulis lengkap supaya lebih mudah dimengerti. Tetapi jika masih hal-hal yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah.

Terakhir, tweak AutoTouch ini bisa kalian dapatkan secara gratis, namun untuk menggunakan fitur penuh kalian dapat membelinya melalui menu Settings > License.

Oke sekian dulu tutorial cara auto touch di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!