Cara Mengatasi iPhone & iPad Tidak Dapat Terhubung ke App Store

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya " App Store ". Ya toko aplikasi milik Apple ini adalah salah satu sumber bagi iPhone, iPad maupun iPod touch untuk mendapatkan berbagai macam aplikasi dan games. Namun mengakses App Store tidak selalu berjalan mulus, beberapa pengguna iPhone tidak dapat terhubung ke App Store dengan pesan " Tidak Dapat Terhubung ke App Store ".


Lalu apa penyebab masalah di atas? dan bagaimana caranya mengatasinya? pertama penyebab masalah diatas agak sedikit sulit dijelaskan, bisa datang dari kesalahan koneksi antara server Apple dan jaringan pada iPhone kalian, sampai terdapat bug yang menyebabkan sambungan ke App Store menjadi terganggu.

Kalau begitu tanpa banyak basa-basi langsung saja ikuti cara berikut untuk memperbaiki masalah Tidak Dapat Terhubung ke App Store.

Cek Jaringan Internet

Jangan lupa, pastikan iPhone kalian sudah terhubung ke jaringan Internet ( data seluler menyala atau wi-fi ), cek juga dengan cara membuka akses aplikasi lainnya seperti media sosial atau youtube.

Tap Terus Tombol " Coba Lagi "

Trik pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan tap terus tombol menu " Coba Lagi ", biasanya setelah beberapa kali di tap App Store langsung merefresh dan langsung bisa terhubung kembali.


Gunakan Mode Pesawat

Coba restart jaringan internet pada iPhone kalian dengan cara menyalakan menu Mode Pesawat ( melalui pusat kontrol atau masuk ke Pengaturan ) kemudian matikan kembali, setelah selesai coba buka lagi aplikasi App Store dan lihat hasilnya.

Tutup Aplikasi App Store Dari Multitask

Selanjutnya coba tutup aplikasi App Store dari multitask iPhone, kemudian coba buka kembali. Bagi yang belum tahu caranya, bagi pengguna iPhone dengan tombol utama ( home ) silahkan tekan dua kali secara cepat kemudian seret aplikasi ke arah atas untuk menutup, sedangkan untuk iPhone notch seperti iPhone X, seret dari ujung bawah layar ke arah atas, kemudian seret aplikasi ke arah atas untuk menutup.


Cek Tanggal dan Waktu

Penggunaan tanggal dan waktu yang keliru dapat menyebabkan kesalahan jaringan ke App Store. Untuk mengatasi masalah ini coba gunakan mode tanggal dan waktu otomatis, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu > Atur Secara Otomatis.


Restart iPhone

Selanjutnya kalian bisa coba merestart iPhone kalian, bagi yang belum tahu berikut cara sederhananya.

  • Untuk iPhone 6, 6S, SE, 7, 8 & SE 2 ( iPhone dengan tombol home ) : Tekan dan Tahan tombol Samping / Power hingga muncul menu untuk mematikan iPhone ( seret icon power ke arah kanan )
  • Untuk iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro ( iPhone dengan notch ) : Tekan tombol Samping + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone ( seret icon power ke arah kanan )

Cek Apakah Layanan App Store Sedang Bermasalah?

Ada kemungkinan server layanan Apple seperti iCloud, Apple Music hingga App Store sendiri mengalami masalah, coba cek status layanan apakah berjalan dengan normal atau tidak, caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Mengecek atau Melihat Apple System Status

Coba Atur Ulang ( Reset ) Jaringan iPhone

Selanjutnya kalian mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan pada iPhone kalian, ingat cara ini akan menghapus seluruh pengaturan jaringan pada iPhone seperti password wi-fi yang tersimpan. Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.


Gunakan Jaringan Internet Lainnya

Bila belum berhasil juga, coba gunakan jaringan internet lainnya seperti Wi-Fi atau bisa hotspot dari smartphone lain. Jika berhasil ada kemungkinan jaringan internet kalian yang sebelumnya bermasalah.

Update ke iOS Versi Terbaru

Terakhir, kalian bisa mencoba mengupdate / memperbarui versi iOS pada iPhone atau iPad kalian ke versi terbaru. Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Download pembaruan menggunakan jaringan Wi-Fi dan minimal baterai 50%.


Bagaimana apakah sudah berhasil? admin rasa seharusnya dengan mengikuti cara-cara diatas sudah berhasil ya.

Baik sekian informasi cara mengatasi iPhone, iPad dan iPod touch yang tidak dapat terhubung ke App Store. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!