Cara Menjadikan iPhone Sebagai Kamera Webcam di PC atau Laptop

Bagi yang ingin melakukan video call di komputer PC / Laptop ataupun sekedar ngevlog ala-ala YouTuber gaming namun tidak mempunyai kamera webcam? tidak masalah, kalian bisa menggunakan iPhone kalian sebagai kamera webcam di PC atau Laptop. Prosesnya terbilang cukup simple dan sangat mudah, penasaran? langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.


Disini kita akan menggunakan aplikasi bernama iVCam, aplikasi ini nantinya akan kita install di pc atau laptop sebagai clientnya ( penghubung ke iPhone ) dan di iPhone itu sendiri.

Sebagai catatan, cara ini tidak berlaku bagi pengguna MacOS

#1 : Pertama silahkan download dan install aplikasi client iVCam dan install di PC kalian


#2 : Jika sudah sekarang download dan install aplikasi iVCam di iPhone kalian, berikut linknya


#3 : Disini kalian bisa memilih 2 metode untuk menghubungkan kamera iPhone ke PC :

*Pertama : menggunakan WiFi ( pastikan iPhone dan PC terhubung ke jaringan WiFi yang sama )
*Kedua : menggunakan kabel data USB ( sambungkan iPhone ke PC menggunakan kabel USB, khusus cara ini pastikan aplikasi iTunes telah terinstall di PC kalian )

#4 : Setelah itu silahkan buka aplikasi iVCam di iPhone dan aplikasi client iVCam di PC kalian

#5 : Pada aplikasi iVCam di iPhone silahkan tap menu Play / Start, contohnya bisa kalian lihat gambar berikut.


#6 : Jika sudah secara otomatis iPhone akan langsung berubah fungsi menjadi kamera webcam, dan hasil kamera iPhone akan tampil secara langsung pada aplikasi client iVCam di PC.


#7 : Untuk mengubah dari kamera belakang ke depan atau sebaliknya, cukup tap icon seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Atau langsung melalui client iVCam di PC


Merekam / Screenshot Tampilan Kamera

Untuk merekam atau mengambil screenshot pada aplikasi client iVCam cukup menggunakan menu yang ditunjukkan gambar berikut.


Mengatur Kamera iVCam

Untuk mengatur aplikasi iVCam seperti ingin mengganti dari mode landscape ke portrait, mengubah resolusi, framerate, menampilkan audio dan lain sebagainya. Bisa kalian lakukan langsung di aplikasi iVCam dalam iPhone.


Atau bisa melalui Clint iVCam di PC kalian, klik icon menu seperti yang ditunjukkan gambar berikut


Kemudian pilih menu Settings


Mengatasi Masalah-Masalah Yang Terjadi

> Tidak tampil gambar alias Blank : Apabila aplikasi iVCam di PC tidak menampilkan gambar apa-apa pastikan kalian sudah mengikuti langkah ke #5 diatas. Biasanya bagi yang menggunakan WiFi, sambungan ke iPhone di block oleh Firewall atau Anti-Virus.

> Error Reinstall iVCam : Untuk mengatasi masalah ini pastikan kalian sudah mengizinkan penggunaan akses kamera pada PC atau Laptop, caranya buka Pengaturan PC kemudian masuk ke menu Privacy > Camera.

> Tampilan Kamera Berkedip ( flicker ) : Pada client iVCam di PC buka menu Pengaturan kemudian nyalakan menu Hardware Decoding

Bagi kalian yang berniat untuk menggunakan aplikasi ini terus-menerus, kalian juga bisa mendapatkan fitur premiumnya yang tentu saja sudah bebas dari iklan seharga Rp 149.000 via in-app-purchase.

Bagaimana mudah dan keren kan? baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih :)