Cara Mengatasi iPhone yang Mati Nyala Sendiri

Apakah iPhone kalian sering secara tiba-tiba menyala lalu mati dengan sendirinya? atau hanya tertahan (stuck) sampai pada tampilan logo Apple saja kemudian mati kembali? tenang saja kalian tidak sendiri, ada beberapa pengguna iPhone yang juga mengalami hal tersebut.


Untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat menggunakan beberapa cara berikut ini:

Restart Paksa iPhone

Khusus bagi yang iPhonenya mati-nyala dan tertahan sampai logo Apple saja. kalian bisa coba melakukan force restart / restart paksa pada iPhone untuk mengembalikan sistem agar dapat berjalan dengan normal kembali. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

iPhone 8, Xr, Xs, 11, SE 2020 atau lebih baru

  • (lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Apabila beruntung maka iPhone kalian akan kembali masuk ke homescreen dan dapat digunakan seperti normal kembali. Jika ya, setelah itu jangan lupa update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru apabila tersedia melalui pengaturan > umum > pembaruan perangkat lunak.

Cek Kesehatan Baterai

Salah satu hal paling sering yang menyebabkan iPhone yang suka mati dan menyala dengan sendirinya adalah baterai. Biasanya ketika kalian membuka game atau aplikasi yang memakan banyak daya iPhone secara tiba-tiba restart dengan sendirinya.

Kalau begitu langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai lalu cek menu Kapasitas Maksimum. Apabila sudah menunjukkan angka di bawah 70% ada kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh baterai yang sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan, disamping itu biasanya juga akan muncul peringatan:

iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan. Manajemen kinerja telah diterapkan untuk membantu mencegah ini terjadi kembali.

Jika ya maka kalian disarankan untuk segera mengganti baterai pada iPhone tersebut dengan yang baru dan pastikan juga untuk menggunakan baterai yang asli resmi Apple.

Update ke iOS Terbaru

Apabila memungkinkan silakan update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silakan siapkan koneksi WiFi dan baterai dalam keadaan penuh, jika sudah langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia langsung saja lakukan download dan install update.

Restore iPhone via iTunes

Cara ini khusus yang iPhonenya bermasalah akibat bug pada iOS, entah kegagalan update, proses jailbreak mengami masalah dan lain sebagainya.

#1 : Sambungkan iPhone kalian ke aplikasi komputer kemudian buka aplikasi iTunes

#2 : Selanjutnya silakan masuk ke mode Recovery dengan cara:

iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 dan lebih baru:

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Setelah itu Tekan dan Tahan tombol Power / Lock

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan

iPhone 6S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Lock dan tombol Home secara bersamaan

Apabila berhasil maka aplikasi iTunes akan mendeteksi bahwa iPhone kalian perlu diperbaiki, silakan ikuti instruksi yang ditampilkan oleh aplikasi iTunes.

Apakah Mati-Nyala Diakibatkan Terjatuh atau Terendam Air?

Jika karena terendam air kalian bisa mencoba mengeringkan terlebih dahulu iPhone tersebut kemudian mencobanya kembali. Namun apabila karena terjatuh dan cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, langsung saja masuk ke solusi terakhir di bawah berikut.

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas tidak ada juga yang membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone kalian ke service center Apple agar didiagnosa lebih lanjut apa penyebab kerusakannya.

Baik itu saja informasi cara mengatasi atau memperbaiki iPhone yang suka mati nyala sendiri. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.