Cara Menggunakan Cuplikan App di iPhone dan iPad iOS 14

Salah satu fitur menarik yang diperkenalkan oleh Apple saat merilis iOS 14 dan iPadOS 14 adalah Cuplikan App atau App Clips.


Apa itu Cuplikan App (App Clips)?

Cuplikan App merupakan salah satu fitur yang mengizinkan pengguna iPhone dan iPad untuk mencoba aplikasi maupun games secara langsung tanpa harus mendownloadnya secara penuh.

Fitur ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba fitur-fitur penting dan menarik dari suatu aplikasi atau games sebelum membeli atau mendownloadnya secara utuh.

Cara Menggunakan Cuplikan App

Cuplikan App dapat kalian temukan pada situs pengembang aplikasi maupun games melalui browser Safari di iPhone maupun iPad kalian.

Tetapi sayangnya untuk saat ini memang masih belum banyak pengembang aplikasi maupun games menyediakan fitur Cuplikan App. Namun baru-baru ini pengembang games Phoenix 2 (Firigames) telah menyediakan fitur Cuplikan App pada websitenya.

Bagi yang ingin menggunakan mencoba fitur Cuplikan App, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Install Cuplikan App

#1 : Silakan buka situs pengembang aplikasi atau games yang sudah menyediakan fitur Cuplikan App melalui browser Safari di iPhone dan iPad kalian, sebagai contoh disini admin ingin mencoba cuplikan game Phoenix 2 besutan Firigames


#2 : Apabila tersedia akan muncul panel dibagian untuk mencoba aplikasi atau game tersebut melalui cuplikan app, jika ya langsung saja tap pada menu MAINKAN.


Apabila menu Mainkan (cuplikan app) tidak muncul pastikan kalian tidak membuka halaman situs tersebut menggunakan tab pribadi / private dan pastikan juga kalian menggunakan browser Safari bawaan iPhone dan iPad

#3 : Selanjutnya tap lagi pada menu Putar


#4 : Jika sudah maka secara otomatis game atau aplikasi tersebut akan terbuka melalui panel Cuplikan App dan dapat kalian coba sendiri sebelum mendownload atau membelinya :)


#5 : Untuk keluar dari Cuplikan App silakan tutup saja aplikasi atau gamesnya dari multitask

Cara Mengelola (menghapus atau memainkan kembali) Cuplikan App

Cuplikan App yang kalian mainkan secara otomatis akan tersimpan di dalam iPhone dalam jangka waktu 30 hari apabila tidak digunakan lagi (untuk data game akan dihapus otomatis apabila tidak digunakan dalam waktu 10 hari).

Untuk menggunakan kembali Cuplikan App kalian tidak perlu membuka situs si pengembang aplikasi atua game lagi. Biasanya cuplikan app dapat kalian temukan terinstall pada layar utama atau perpustakaan app di iPhone kalian.

Apabila tidak ada silakan gunakan menu Pencarian dan masukan nama Cuplikan App yang ingin dimainkan kembali.


Ciri-ciri icon aplikasi atau game dari Cuplikan App adalah memiliki garis putus-putus disekitarnya, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Untuk menghapus Cuplikan App tersebut kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan > Cuplikan App lalu pilih Cuplikan yang akan dihapus lalu tap Hapus Cuplikan App.


Meskipun sangat berguna tetapi ada kemungkinan tidak semua pengembang mengimplementasikan fitur tersebut untuk saat ini.

Admin sendiri berharap bahwa fitur tersebut tersedia secara langung di App Store sama halnya seperti Play Store dari Android yang sudah menyediakan fitur serupa sejak tahun 2018.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana? apakah kalian sudah mencoba fitur Cuplikan App di atas? berikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.