Cara Mengubah Mac Address Wi-Fi di iPhone dan iPad

Mac Address atau Media Access Control Address sederhananya merupakan sebuah alamat unik yang digunakan oleh jaringan seperti WiFi untuk mengidentifikasi dan melacak aktivitas dari perangkat yang terhubung, dalam hal ini iPhone dan iPad.


Alamat Mac Address pada setiap perangkat termasuk pada iPhone memang berbeda-beda maka dari itulah alamat ini disebut "Unik". Melalui Mac Address ini jugalah setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi manapun memiliki risiko untuk diidentifikasi.

Nah bagi kalian yang ingin menjaga privasi agar tetap rahasia saat terhubung ke jaringan WiFi publik (apalagi suka pindah-pindah jaringan WiFi), di iOS 14 sendiri Apple memberikan fitur yang dapat digunakan secara otomatis untuk mengubah alamat Mac pada iPhone secara acak setiap kali terhubung ke jaringan WiFi yang berbeda-beda.

Cara kerjanya sederhana, ketika iPhone kalian terhubung ke jaringan WiFi, iPhone tidak akan menampilkan alamat Mac aslinya, melainkan akan membuat identitas alamat Mac secara acak setiap kali terhubung ke jaringan WiFi manapun.

Namun perlu diingat bahwa kalian tidak dapat mengubah alamat Mac Address secara manual. iPhone atau iPad kalian sendirilah yang secara otomatis akan membuatkan alamat Mac Address secara acak saat terhubung ke jaringan WiFi.

Cara Mengaktifkan Fitur untuk Mengubah Mac Address pada iPhone dan iPad Secara Acak

Pada dasarnya (default) fitur untuk Mengubah Mac Address pada WiFi di iPhone dan iPad secara acak sudah dalam keadaan menyala. Namun tidak ada salahnya lagi untuk melakukan pengecekan kembali.

#1 : Pertama pastikan kalian telah menggunakan iOS 14 atau lebih baru

#2 : Jika sudah silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone dan iPad 

#3 : Kemudian masuk ke menu WiFi

#4
: Lalu tap icon (i) disamping nama WiFi yang terhubung


#5 : Terakhir pastikan menu Alamat Pribadi dalam keadaan aktif


Selain itu tepat di bawah menu tersebut kalian dapat melihat Alamat Mac Address yang digunakan.

Satu lagi pengaturan ini tidak bersifat total, melainkan berbeda-beda di setiap jaringan WiFi yang terhubung. Jadi apabila terhubung ke jaringan WiFi lainnya silakan ikuti cara di atas untuk melakukan pengecekan ulang.

Bagiamana gampang kan? sekarang kalian menjadi lebih aman saat terhubung ke banyak jaringan WiFi Publik.

Baik itu saja informasi cara mengubah Mac Address untuk WiFi di iPhone dan iPad secara acak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)