Cara Menghemat Baterai iPhone yang Boros di iOS 14

iOS 14 hadir dengan beragam fitur dan tampilan baru bagi para pengguna iPhone, salah satu fitur yang menyita perhatian adalah Widget yang kini dapat ditempatkan juga di home screen.


Namun disamping itu tidak sedikit juga pengguna iPhone yang merasakan masa penggunaan baterai mereka sehari-hari menjadi lebih cepat habis alias boros dibandingkan saat masih menggunakan iOS 13.

Tetapi tidak perlu khawatir, ada beberapa tips, trik dan beberapa pengaturan lainnya yang mungkin dapat membantu iPhone kalian untuk lebih menghemat penggunaan baterai. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.


Kurangi Kecerahan Layar

Dari waktu ke waktu kecerahan layar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai cepat berkurang. Untuk itu pastikan kalian telah mengurangi kecerahan layar (terutama saat berada di dalam ruangan) atau gunakan fitur kecerahan otomatis untuk membiarkan iPhone secara otomatis mengatur kecerahan yang sesuai dengan kondisi sekitar.

Untuk mengaktifkan Kecerahan Layar Otomatis silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks.

Kurangi Widget Berlebihan

Widget memang salah satu faktor mengapa iOS 14 menjadi lebih menarik dan berbeda. Namun disisi lain Widget akan terus aktif memperbarui datanya di latar belakang sehingga membuat baterai menjadi lebih boros.

Sebagai contoh Widget Cuaca akan terus memperbarui dan mengambil informasi cuaca setiap 15 menit sekali. Bayangkan apabila kalian menggunakan banyak Widget yang harus memperbarui datanya disetiap saat, tentu saja hal ini akan berpengaruh pada daya tahan baterai yang menjadi lebih boros.


Nonaktifkan Koneksi yang Tidak Sedang Digunakan

Sering membiarkan koneksi Bluetooth, WiFi atau Data Seluler dalam keadaan menyala meskipun sedang tidak digunakan? mulai saat ini kalian perlu menonaktifkan koneksi yang tidak sedang digunakan agar daya tahan baterai menjadi jauh lebih awet.


Sebagai contoh apabila kalian sedang menggunakan internet dari WiFi, silakan nonaktifkan koneksi data seluler bila perlu gunakan mode pesawat. Begitu juga dengan Bluetooth, apabila sedang tidak digunakan sebaiknya dinonaktifkan saja.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk membatasi aplikasi latar yang berjalan, performa maksimal, penguduhan otomatis dan lain sebagainya yang membuat baterai menjadi lebih boros.

Namun perlu diketahui fitur ini akan menurunkan performa iPhone meskipun hanya dapat dirasakan di dalam game saja.

Untuk Mengaktifkan Mode Daya Rendah silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah atau kalian dapat mengaktifkannya melalui icon baterai pada pusat kontrol. Perlu diketahi Mode Daya Rendah secara otomatis akan dinonaktifkan apabila level baterai sudah berada diatas 80% ketika diisi daya.

Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Segarkan App di Latar merupakan fitur yang mengizinkan aplikasi untuk dapat berjalan meskipun sedang tidak digunakan. Admin menyarankan agar kalian menonaktifkan saja fitur ini untuk menghemat baterai iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.


Nonaktifkan Saran Siri

Siri adalah virtual assistant di iOS yang akan mempelajari bagaimana kalian menggunakan iPhone dan akan meyarankan beberapa hal yang berhubungan dengan kebiasaan kalian dalam menggunakan iPhone tersebut.

Jika hal ini dianggap tidak penting kalian dapat menonaktifkan fitur Saran Siri, carnaya silakan buka aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian kemudian nonaktifkan semua menu Saran Siri.


Bila perlu nonaktifkan juga izin Siri untuk mempelajari aplikasi yang kalian digunakan melalui daftar menu aplikasi yang terdapat dibagian bawah lalu nonaktifkan menu Belajar dari App ini.

Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi dan iOS

Aplikasi dan file pembaruan iOS secara otomatis akan didownload otomatis saat iPhone terhubung ke jaringan WiFi atau saat sedang tidak digunakan. Hal tersebut tentu akan membuat daya tahan baterai menjadi berkurang.

Untuk menonaktifkan fitur update otomatis aplikasi silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > App Store lalu nonaktifkan semua menu Pengunduhan Otomatis. Untuk file pembaruan iOS silakan masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis lalu nonaktifkan menu Unduh Pembaruan iOS.

Fetch dan Push Mail iPhone Secara Manual

Apabila kalian menggunakan aplikasi Mail di iPhone, silakan ubah menu Fetch menjadi Manual dan nonaktifkan menu Push. Hal ini akan jauh membantu menghemat baterai pada iPhone, namun ingat email atau pemberitahuan email yang masuk tidak akan diterima sampai aplikasi Mail dibuka.

Untuk menonaktifkan menu Push dan mengubah menu Fetch ke Manual silakan buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru kemudian nonaktifkan menu Push dan ubah semua menu Fetch ke Manual atau Secara Manual.


Nonaktifkan Layanan Lokasi untuk Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak aplikasi pada iPhone yang memanfaatkan layanan lokasi untuk mengetahui keberadaan kalian, termasuk aplikasi Cari yang digunakan untuk menemukan dan melacak keberadaan iPhone.

Namun begitu fitur Layanan Lokasi cukup memakan daya tahan baterai, kalian bisa membatasi penggunaan Layanan Lokasi oleh aplikasi maupun Sistem melalui aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

Nonaktifkan Sensor Pelacakan Kebugaran

Apakah kalian tahu bahwa iPhone selalu bekerja untuk mendeteksi setiap pergerakan kalian? ya, melalui aplikasi kesehatan kalian dapat melihat jumlah langkah kaki harian kalian yang dideteksi oleh iPhone.

Apabila kalian tidak menggunakan fitur ini kalian bisa menonaktifkan Sensor Pelacakan Kebugaran untuk menghemat penggunaan baterai. Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Gerakan & Kebugaran lalu nonaktifkan menu Pelacakan Kebugaran.


Nonaktifkan Backup Data / Foto Otomatis

iPhone secara otomatis akan membackup data-datanya termasuk foto ke dalam layanan iCloud.

Untuk menghemat penggunaan baterai kalian dapat menonaktifkan backup otomatis ini melalui aplikasi Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud kemudian nonaktifkan menu Foto dan Cadangan iCloud.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan Terutama Media Sosial & Chat

Salah satu penyebab utama dan paling sering menyebabkan baterai iPhone terasa lebih boros adalah banyaknya aplikasi Media Sosial dan Chat.

Kenapa begitu? sebab aplikasi media sosial dan chat akan selalu aktif untuk mengambil informasi, mengumpulkannya dan mengirimkan data-data tersebut melalui notifikasi kepada kalian. Hal ini terjadi secara terus-menerus yang mana akan memakan daya baterai pada iPhone secara tidak disadari.

Jadi sebagai solusinya, kalian dapat menghapus aplikasi Media Sosial tersebut dari iPhone kalian atau menonaktifkan Notifikasinya melalui aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan lalu pilih aplikasi yang diingikan kemudian nonaktifkan menu Izinkan Pembaritahuan.

Update ke iOS Versi Terbaru

Apple akan selalu mengoptimalkan performa, stabilitas termasuk penggunaan baterai pada iOS terbarunya. Maka dari itu pastikan kalian selalu mengupdate iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia.

Untuk melakukannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Cek Juga Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai merupakan salah satu indikasi yang menunjukan usia dan daya tahan sesungguhnya dari baterai pada iPhone. Semakin rendah kesehatan baterai (kapasitas maksmimum) maka menunjukan bahwa daya tampung baterai yang  juga semakin menurun.

Untuk cek Keshatan Baterai silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Apabila kesehatan baterai pada iPhone kalian sudah cukup rendah maka tidak salah jika daya tahan penggunaan baterai akan lebih cepat habis. Apabila kesehatan sudah mulai memburuk maka dapat menyebabkan banyak masalah pada iPhone seperti tiba-tiba mati sendiri, cepat panas dan masih banyak lagi.

Sangat disarankan untuk segera mengganti baterai iPhone dengan yang baru (tentu saja asli dan resmi dari Apple) saat kapasitas maksimum telah menunjukan angka di bawah 70%.


Bagaimana apakah setelah mengikuti tips dan cara-cara di atas ada perubahan pada daya tahan baterai iPhone kalian?

Selain itu apabila kalian baru saja menginstall iOS 14 atau menggunakan iPhone, ada baiknya untuk membiarkan terlebih dahulu iPhone tersebut untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan pengaturan ataupun sistem barunya.

Apabila tips-tips di atas tidak juga membuahkan hasil, pertimbangkan untuk mengganti baterai pada iPhone kalian apabila memang sudah berusia cukup lama dan kesehatan baterainya sudah mulai menurun drastis.