Penyebab Bintik / Bercak Hitam pada Kamera iPhone

Apakah hasil dari kamera pada iPhone kalian terdapat bercak atau bintik hitam? tenang saja kalian tidak sendiri, ada banyak pengguna iPhone diluar sana yang mengeluhkan hasil dari kamera iPhone mereka terdapat bercak atau bintik hitam bahkan admin sendiri pun mengalaminya.


Terdapat Kotoran yang Menempel pada Lensa Kamera

Langkah awal yang paling tepat mengatasi masalah di atas adalah dengan membersihkan lensa kamera pada iPhone kalian (gunakan kain halus). Biasanya terdapat kotoran atau debu yang menempel sehingga muncul bercak atau bintik hitam pada hasil tangkapan kamera.

Namun apa jadinya jika sudah dibersihkan namun bercak atau bintik hitam tetap juga tidak hilang? Silakan perhatikan baik-baik lensa kamera pada iPhone kalian, apakah terdapat kotoran atau debu di dalamnya atau tidak?

Dari kasus yang admin alami sendiri setelah diperhatikan lebih lanjut ternyata masalah tersebut datang dari lensa kamera iPhone yang kotor alias tertutup oleh debu (partikel kotoran kecil). Tetapi sialnya ternyata kotoran tersebut terjebak di dalam lensa kamera iPhone sehingga sangat teramat sulit untuk disingkirkan.


Bisa kalian lihat sendiri, gambar di atas menunjukkan lensa pada kamera iPhone admin yang ternyata di dalamnya terjebak 2 kotoran sejenis debu (agak besar) sehingga membuat hasil dari kamera iPhone tersebut menjadi sedikit terdapat bercak dan bayangan blur.

Bagaimana Cara Mengatasinya? apabila memang ternyata terdapat kotoran di dalam lensa iPhone mau tidak mau iPhone perlu dibuka untuk dibersihkan lensanya. Tetapi ingat karena proses membuka iPhone yang sulit dan perlu ekstra ketelitian, silakan bawa iPhone kalian ke service center Apple atau tempat perbaikan iPhone yang sudah terpercaya.

Kenapa Lensa Kamera iPhone Bisa Terdapat Kotoran?

Ada beberapa kemungkinan besar yang bisa mendasarinya, seperti:

  1. iPhone pernah dibongkar sebelumnya dan saat dibongkar tersebut bisa saja kotoran atau debu menempel pada lensa kamera iPhone
  2. Kamera pada iPhone sebelumnya pernah diganti
  3. iPhone pernah terendam air sehingga kotoran-kotoran kecil mencapai lensa dan menetap disana
  4. iPhone sering terekspos debu atau kotoran-kotoran kecil (bisa masuk melalui lubang speaker dan lain sebagainya)
  5. Bug pada iOS (sangat jarang terjadi)

Namun begitu sebagai solusi sementara (semoga berhasil), kalian bisa mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru, caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Selain itu cek juga apakah kalian menggunkan tempered atau plastik pelindung untuk kamera iPhone? jika ya coba dilepaskan dan lihat hasilnya.

Apabila tidak juga membuahkan hasil, sangat admin sarankan untuk membawa iPhone kalian ke service center Apple dan jelaskan apa yang terjadi beserta adanya kemungkinan kotoran pada lensa kamera iPhone. Tetapi jika masih dalam masa garansi silakan digaransikan saja untuk hasil yang lebih baik.