6 Alasan Mengapa Pengguna iPhone 11 Tidak Perlu Upgrade ke iPhone 12

Apple baru saja merilis 4 model iPhone terbaru yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Tentu saja disetiap perilisan iPhone, Apple selalu memperkenalkan fitur dan peningkatan dibandingkan iPhone generasi sebelumnya.


Namun perlukah pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max untuk upgrade ke iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max? Tidak Perlu! mengapa? berikut 6 alasannya:

Performa yang Masih Sangat Kencang

Tidak dipungkiri chipset Apple A13 pada iPhone 11 masih sangat kencang yang dapat melibas semua games dan kebutuhan aplikasi dengan daya besar. Selain itu daya tahan baterai pada iPhone 11 tidak jauh berbeda dari iPhone 12 bahkan bisa dikatakan hampir sama saja. Intinya kalian tidak akan merasakan adanya perbedaan serius dalam masalah performa maupun baterai antara iPhone 11 dan iPhone 12.

Kamera Kelas Atas yang Masih Sangat Berkelas

Kamera pada iPhone 11 masih yang terbaik saat ini. Kalian tidak akan melihat banyak perbedaan serius dari kamera yang dibawa oleh iPhone 12 jika sudah memiliki iPhone 11. Dari sisi desain kameranya pun tidak banyak berubah kecuali untuk iPhone 12 Pro yang membawa LiDAR Scanner.

Tidak Memiliki Layar 120Hz

Jejeran iPhone 12 diperkirakan akan hadir dengan kecepatan layar 120Hz untuk pengalaman animasi layar yang lebih mulus pada saat berpindah menu atau bermain games, namun nyatanya iPhone 12 tidak membawa fitur tersebut.

Desain Layar yang Tidak Berubah

Ya! desain layar pada iPhone 12 tidak berubah banyak, Apple tetap menggunakan desain Notch yang bagi sebagian orang sudah terkesan membosankan untuk digunakan pada 4 generasi iPhone berturut-turut.

Harga yang Cukup Mahal

iPhone 12 hadir dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan iPhone 11 termurah tahun lalu. Tidak heran memang karena semua iPhone 12 kini dibekali dengan desain rangka dan layar yang sama dengan versi Pro.

Perubahan yang Tidak Terlalu Besar, kecuali...

Perubahan dan fitur baru yang dibawa oleh iPhone 12 tidaklah terlalu terasa apabila sebelumnya kalian sudah menggunakan iPhone 11. Hal yang menarik dari iPhone 12 hanyalah desain kerangka premium yang elegan mirip dengan iPhone 4, konektivitas sudah mendukung jaringan 5G (meski di Indonesia belum sepenuhnya didukung untuk saat ini) dan seluruh iPhone sudah menggunakan layar OLED yang memanjakan mata.

Satu-satunya perangkat yang menurut admin akan merasakan perubahan besar ketika upgrade ke iPhone 12 adalah iPhone 11 versi biasa. Sebab iPhone 12 sudah dilengkapi dengan layar OLED yang lebih detail dan berwarna.


Nah menurut kalian sendiri bagaimana? tentu jika uang bukan masalah upgrade pun bukan sebuah masalah, semua kembali ke keinginan masing-masing. Tapi untuk admin pribadi pengguna iPhone 11 sama sekali tidak perlu upgrade lagi ke iPhone 12, mungkin sebaiknya menunggu iPhone 13 dengan perubahan signifikan seperti hilangnya notch pada layar? kita tunggu saja.