Cara Mengatasi iPhone 12 dan 12 Pro Tidak Mau Menyala / Mati Total

iPhone kalian tiba-tiba saja mati total dan tidak mau menyala lagi? tidak perlu khawatir kebanyakan kasus yang menimpa iPhone yang tiba-tiba saja mati total dan tidak mau menyala, tidak lain disebabkan oleh Bug pada iOS sehingga iPhone tidak dapat merespon apa-apa layaknya mati total.


Jika beruntung maka cara-cara di bawah berikut dapat dengan mudah memperbaiki tepatnya menghindupkan kembali iPhone kalian yang mati total tersebut. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Lakukan Force Restart atau Restart Paksa

Metode Force Restart ini digunakan untuk memulai ulang iPhone secara paksa apabila iPhone tidak dapat merespon apa-apa layaknya mati total.

*lakukan dengan waktu perpindahan antar tombol agak cepat

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple

Setelah logo Apple muncul itu tandanya iPhone kalian sudah berhasil direstart, selanjutnya cukup menunggu hingga restart selesai dan iPhone akan normal kembali. Selanjutnya untuk mencegah kejadian serupa, disarankan untuk secara rutin mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia (Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak).

Kabar buruknya, apabila cara-cara force restart di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa mengikuti tips selanjutnya.

Cas Hingga Beberapa Jam Kedepan

Sederhana, silakan cas iPhone kalian (meskipun dalam keadaan mati) hingga beberapa jam ke depan atau hingga iPhone kembali menyala. Trik ini biasanya digunakan untuk membangkitkan baterai iPhone yang bermasalah seperti kosong sama sekali atau sudah lama tidak diisi daya.

Cek juga menggunakan charger lainnya untuk memastikan bahwa charger yang digunakan tidak dalam keadaan rusak. Apabila sudah berjam-jam tidak juga membuahkan hasil, lanjutkan tips di bawah berikut.

Bersihkan Port Charger iPhone

Lubang Charger pada iPhone seringkali tersangkut oleh benda kecil asing yang menghalangi iPhone untuk mengisi daya ataupun menyebabkan kesalah pada iPhone. Silakan bersihkan port charger pada iPhone menggunakan tusuk gigi atau bahan lainnya yang kecil namun tidak menghantarkan listrik (hindari besi, tembaga dll).


Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil dan iPhone kalian tetap tidak mau menyala, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk diperiksa lebih lanjut penyebabnya.

Jika memang kerusakan datang dari mesin si iPhone itu sendiri, sangat disarankan untuk menggaransikannya apabila masih dalam masa garansi.