Perlukah iPhone 12 dan 12 Pro Menggunakan Anti Gores?

Anti Gores atau yang disebut juga Tempered Glass / Screen Protector merupakan lapisan kaca atau plasik tambahan yang digunakan untuk melapisi bagian layar pada smartphone. Bagi sebagian pengguna menggunakan anti gores merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi layar dari beragam risiko, namun sebagian pengguna memiliki alasan tersendiri mengapa Anti Gores tidak diperlukan.


Lalu bagi kalian pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, apakah Anti Gores ini diperlukan?

Ya, Perlu! Berikut Alasannya...

Meskipun Apple mengklaim bahwa layar keramik yang digunakan pada jajaran iPhone 12 hingga 4x lebih kuat dibandingkan smartphone lainnya, namun hal tersebut tidak membuat iPhone 12 kebal terhadap goresan.

Dari hasil tes yang dilakukan salah satu YouTuber teknologi terkenal JerryRigEverything, menunjukan bahwa layar keramik pada iPhone 12 cukup mudah tergores layaknya smartphone kebanyakan. Selengkapnya bisa kalian saksikan videonya berikut ini.


Jadi perlukah Anti Gores? tentu saja, menggunakan Anti Gores juga merupakan salah satu investasi untuk melindungi aset yang cukup bernilai ini. Keuntungan menggunakan Anti Gores atau Tempered Glass seperti mengurangi risiko layar iPhone pecah ketika terbentur / terjatuh dan melindungi layar iPhone dari goresan.

Untuk saat ini sudah banyak Anti Gores iPhone yang tersedia dengan beragam keunggulan, seperti tingkat kejernihan yang tinggi, sensitivitas layar tidak akan terganggu, ketahanan lebih baik dalam menghadapi benturan dan goresan, hingga pemasangan yang lebih mudah dengan braket.

Terakhir, apabila kalian ingin menjual kembali iPhone tersebut nantinya dengan kondisi layar yang masih sangat baik bahkan sempurna tanpa goresan berkat Anti Gores, maka nilai jual dari iPhone tersebut secara otomatis akan meningkat.

Tidak Perlu! Berikut alasannya...

Pelindung kaca layar yang digunakan oleh jajaran iPhone 12 terbuat dari bahan Keramik yang diklaim oleh Apple 4x lebih tahan benturan dibandingkan layar pada smartphone lainnya, maka dari itu penggunaan anti gores dengan tujuan melindungi layar dari beturan, sepertinya sudah tidak diperlukan lagi.


Sedangkan untuk goresan sendiri, layar keramik yang dimiliki oleh jajaran iPhone 12 sudah sangat baik dalam memberikan perlindungan terhadap goresan akibat dari pemakaian sehari-hari. Lagipula tentu kalian tidak akan secara sengaja menggores layar iPhone dengan pisau atau menggosoknya dengan pasir bukan?

Meskipun begitu goresan-goresan halus bisa saja terjadi seiring dengan penggunaan, tetapi percayalah selagi kalian tidak menggosok layar iPhone tersebut dengan pasir atau digores dengan pisau, goresan halus yang terjadi tidak akan terlihat sama sekali (mungkin akan terlihat apabila terkena pantulan cahaya jika dilihat dari beberapa sudut).

Jadi pertimbangkan untuk tidak menggunakan anti gores dan nikmati indahnya tampilan iPhone 12 kalian.

Admin Sendiri Pakai atau Tidak?

Kalau untuk saya pribadi, Anti Gores tentu sangat diperlukan untuk menjaga layar iPhone dari goresan hingga untuk proteksi tambahan. Lagipula layar iPhone tanpa Anti Gores dan menggunakan Anti Gores tidak terlalu terlihat berbeda.

Nah kalau kalian sendiri bagaimana? mau pakai Anti Gores atau tidak nih? silakan tinggalkan pendapatnya di kolom komentar di bawah ya..